Categories
Penyakit

Waspada 4 Gejala Penyakit Tiroid Mengancam Kesehatan

Kesehatan adalah aspek yang harus dijaga demi keberlangsungan hidup yang lama. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara terutama untuk mencegah terjadinya penyakit tiroid. Apabila Anda mengalami gejala-gejalanya, segera jaga asupan gizi. Oleh karena itu, kenali gejala penyakit tiroid agar Anda segera terhindar dari penyakit tiroid ini.

1. Penyakit Gondok

Bagi sebagian orang kata gondok sudah bukan hal asing lagi. Gondok yang merupakan salah satu dari penyakit tiroid ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya penyakit ini muncul berupa benjolan yang terjadi di area leher. Benjolan ini terjadi karena kelenjar tiroid mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini disebabkan kurangnya iodin dalam asupan nutrisi. 

Pada umumnya, benjolan ini tumbuh kecil. Namun lambat laun menjadi membesar. Saat benjolan ini muncul dan semakin membesar, benjolan ini ditandai dengan gejala-gejala seperti sulit menelan (disfagia), sulit bernapas, suara serak dan batuk bahkan nyeri di area leher.

Apabila Anda mengalami gejala demam, lemas, mual, muntah, nyeri perut, diare atau konstipasi, keringat berlebih atau merasa kedinginan, berat badan meningkat atau menurun drastis, sesak napas, kejang, hingga mengalami penurunan kesadaran, segera menuju ke dokter. Hal ini bisa menyebabkan adanya perubahan hormon tiroid yang harus segera ditangani.

Akibat adanya benjolan tersebut dapat menekan tenggorokan atau kerongkongan, mempengaruhi perubahan suara, Anda sering mengalami batuk, hingga kesulitan menelan atau bernapas. Oleh karena itu segera obati dengan menuju ke dokter dan sebagai bentuk atau upaya pencegahan, selalu konsumsi iodin dalam porsi yang pas.

2. Nodul Tiroid

Penyakit ini tidak jauh berbeda seperti penyakit gondok. Ciri dari penyakit ini juga ditandai dengan adanya benjolan yang terbentuk dalam kelenjar tiroid dan jumlahnya bisa lebih dari satu. Namun bentuk benjolan ini bisa berupa benjolan padat ataupun benjolan lunak yang berisi air. Benjolan ini bisa berubah menjadi tumor jinak atau kista. Penyebab adanya  benjolan ini juga bisa disebabkan karena defisiensi iodin.

Saat benjolan mulai tumbuh dan masih kecil, Anda tidak akan merasakan gejala apapun. Namun saat terjadi pembengkakan yang besar barulah Anda mengalami gejala penyakit tiroid ini. Gejala itu berupa kesulitan bernapas terutama saat berbaring rata. Selain itu, suara Anda juga terdengar parau dan serak atau berubah dari biasanya. Anda pun lebih sering merasa kesakitan dibagian leher hingga kesulitan untuk menelan makanan.

3. Hipotiroidisme

Penyakit ini terjadi disebabkan kelenjar tiroid mengalami penurunan. Penyakit ini bisa dipicu dari gangguan autoimun, riwayat operasi pengangkatan kelenjar tiroid seperti penyakit gondok, paparan tinggi terhadap iodin, dan pengaruh obat yang mengandung litium.

Timbulnya penyakit ini pun juga dimulai dengan berbagai macam tanda-tanda atau gejala. Gejala itu seperti kulit kering, sensitif terhadap suhu lingkungan yang dingin, mudah lelah, konstipasi atau sembelit, lemas, hingga kenaikan berat badan yang tidak jelas.

4. Hipertiroidisme

Penyakit ini adalah kebalikan dari penyakit sebelumnya. Hal ini dikarenakan kelenjar tiroid diproduksi terlalu banyak atau berlebihan. Gejalanya adalah detak jantung yang cepat bahkan tidak beraturan, berat badan turun cepat, sering berkeringat, gelisah, hingga suasana hati mudah berubah atau moody.

Demikianlah beberapa informasi mengenai gejala penyakit tiroid yang harus Anda waspadai. Apabila Anda mengalami salah satu gejala dari beberapa gejala tersebut segala hubungi tenaga medis terdekat atau ke fasilitas kesehatan. Segera konsultasikan mengenai keadaan Anda agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Pasalnya setiap penyakit memiliki penanganan yang berbeda.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *