Categories
Kesehatan Obat Penyakit

Wajib Baca! Inilah Dosis Obat Hipertensi yang Benar

dosis obat hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan sebuah penyakit dimana tekanan darah diastolic dan diastolik melebihi batas normal. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat hipertensi. Lantas, bagaimana dosis obat hipertensi yang benar itu? Simak selengkapnya dibawah ini.

Gejala Hipertensi

Sebelum membahas tentang dosis obat hipertensi ada baiknya jika Anda perlu tahu gejala penyakit ini terlebih dahulu. Untuk mengetahui seseorang memiliki hipertensi atau tidak sebenarnya mudah yakni dengan cara memeriksakan tekanan darah ke apotek, puskesmas atau bahkan rumah sakit dengan menggunakan alat tensi.

Meskipun mudah, sayangnya tidak cukup banyak orang yang memiliki kesadaran tinggi akan penyakit ini. Adapun beberapa gejala yang sering muncul diantaranya seperti:

1. Nyeri di bagian dada

Para penderita hipertensi biasanya akan merasakan dada terasa nyeri, seperti tertusuk, dan terasa perih. Rasa nyeri ini bisa muncul di bagian dada kanan ataupun dada kiri. Nah, jika nyeri ini muncul secara terus-menerus, maka hal ini tidak boleh didiamkan. Anda harus memeriksakan ke dokter karena terjadi masalah pada jantung.

2. Aritma

Aritma merupakan sebuah kondisi dimana terjadi kelainan pada irama jantung. Gangguan ini meliputi detak jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat atau bahkan tidak teratur. Pada dasarnya, aritma ini adalah hal yang wajar terjadi. Namun, pada penderita hipertensi, aritma terjadi secara terus-menerus.

3. Sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala yang sering muncul pada penderita hipertensi. Nah, penderita ini biasanya akan mengalami keulitan tidur karena sakit kepala.

4. Masalah penglihatan

Orang yang memiliki hipertensi juga akan mengalami masalah terhadap penglihatannya. Penglihatan akan menjadi buram karena terjadi penyempitan dan penebalan pada pembuluh darah di bagian mata.

Cara Mengobati Hipertensi

Setelah mengetahui gejala di atas, Anda juga perlu tahu cara mengobati hipertensi ini. Nah, hipertensi bisa diobati dengan menggunakan cara yakni dengan mengonsumsi obat dan menjaga pola hidup yang sehat.

Dokter biasnaya akan merekomendasikan obat untuk para enderita hipertensi agar tekanan darahnya kembali normal. Obat tersebut juga diberikan beradasakan dosis yang telah direkomendasikan oleh dokter serta dilihat dari kebutuhan si penderita.

Bisa jadi, dosis pemberian obat ini akan dinaikkan atau bahkan diturunkan sesuai dengan kondisi pasien apakah sudah membaik atau belum. Adapun obat yang biasa direkomendasikan adalah antagonis kalsium. Obat ini memiliki fungsi untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah berangsur-angsur menurun.

Ada juga obat dalam bentuk ACE inhibitor atau yang kerap disebut dengan captropil. Obat ini memiliki fungsi merilekskan dinding pembuluh darah. Sehingga tekanan darah bisa menurun dan kembali normal.

Dosis obat hipertensi

Selain Captropil, ada juga obat hipertensi yang bernama Amplodipine. Obat ini tersedia dalam dua jenis yakni amplodipine 5mg dan aplodipine 10 mg. adapun obat ini bekerja dengan cara melemaskan didnding pembuluh darah. Dengan demikian, aliran darah akan menjadi lebih lancar dan mengurangi tekanan darah.

Adapun dosis dari penggunaan obat ini akan disesuaikan berdasarkan usia, respon pasien terhadap obat, serta kondisi kesehatan pasien. Nah, di bawah ini adalah dosis obat hipertensi berdasakan tujuan penggunaannya.

Untuk hipertensi yang terjadi pada orang dewasa, bisa mengonsumsi 5-10 mg amplodipine per hari. Sedangkan pada anak-anak dengan usia 6-17 tahun bisa mengonsumsi dengan dosis 2,5-5 mg per hari. Sedangkan untuk mengatasi masalah angina pectoris, pasien dewasa bisa mengonsumsi obat ini dengan dosis 5-10 mg per hari.

Dengan menggunakan dosis obat hipertensi yang tepat, maka masalah hipertensi pada diri Anda bisa diatasi dengan benar dan lebih maksimal. Dengan demikian, tekanan darah akan kembali normal dan Anda bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *