Categories
Kesehatan Suplemen

Vitamin Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Tubuh kita selalu membutuhkan banyak vitamin, vitamin memiliki fungsi untuk menjaga fungsi tubuh serta sangat berguna untuk berguna untuk pertumbuhan serta perkembangan sel dalam tubuh. Ada dua jenis vitamin yang bisa Anda konsumsi, yang pertama adalah jenis-jenis vitamin yang larut di dalam air dan yang kedua adalah jenis-jenis vitamin yang larut dalam lemak.

Anda perlu mengetahui jenis vitamin karena sangat penting untuk Anda. Contoh vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9, vitamin B12 dan vitamin C. Jika di atas adalah vitamin yang larut dalam air, berikut jenis vitamin yang larut dalam lemak, vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K.

Mengenal Vitamin Larut Dalam Air

Agar Anda mengetahui dengan baik fungsi dan sumber vitamin yang bisa larut dalam air, berikut pembahasannya :

●      Vitamin B1

Vitamin ini juga biasa dikenal dengan nama thiamine, vitamin ini berfungsi sebagai koenzim. Koenzim sendiri adalah sebuah senyawa yang bisa membuat enzim yang ada pada tubuh bereaksi secara kimia. Misalkan koenzim ini bertugas untuk mengubah nutrisi menjadi sebuah energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B1 banyak terkandung dalam makanan yang berbentuk biji-bijian seperti gandum.

●      Vitamin B2

Jenis-jenis vitamin yang larut di dalam air yang kedua adalah vitamin B2, vitamin ini biasa disebut dengan riboflavin. Fungsi vitamin B2 pada proses metabolisme tubuh sangat vital oleh sebab itu Anda harus bisa memenuhi kebutuhan vitamin ini agar metabolisme tubuh tidak terganggu. Vitamin B2 bisa ditemukan pada makanan seperti daging, susu, telur dan masih banyak makanan penyumbang vitamin B2 yang bisa Anda konsumsi.

●      Vitamin B3

Niacin adalah nama lain dari vitamin B3 yang salah satu fungsinya adalah untuk mengubah glukosa menjadi energi. Vitamin ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang tentu saja sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda. Vitamin ini bisa Anda temukan pada ikan, kacang tanah, produk susu dan masih banyak sumber makanan lain penghasil vitamin B3.

●      Vitamin B5

Pantothenic acid merupakan nama lain dari vitamin B5. Jenis-jenis vitamin yang larut dalam air ini  berfungsi untuk pembentukan asam lemak, asam amino dan masih banyak fungsi lain dari vitamin B5. Jika ingin mendapatkan vitamin ini maka Anda bisa mengonsumsi jamur, sayur-sayuran akar dan beberapa biji-bijian.

●      Vitamin B6

Vitamin ini berfungsi sebagai pembentuk sel darah putih yang tentu sangat baik untuk mencegah infeksi. Salmon merupakan salah satu contoh makanan penghasilan vitamin B6.

●      Vitamin B7

Vitamin ini sangat berperan besar untuk menjaga kondisi kesehatan rambut, kulit dan kuku. Vitamin ini juga dikenal dengan biotin.

●      Vitamin B9

Efek buruk ketika kekurangan vitamin ini adalah Anda akan mudah terkena anemia. Jadi Anda harus mencukupi kebutuhan vitamin ini dengan cara mengonsumsi sayuran hijau dan kacang-kacangan.

●      Vitamin B12

Orang yang vegetarian sangat berpotensi untuk kekurangan vitamin ini karena hanya sumber makanan hewani yang menyediakan vitamin ini. Padahal vitamin ini memiliki fungsi untuk pembentukan sel darah merah.

Cara Melengkapi Kebutuhan Vitamin Tubuh

Cara paling mudah untuk memenuhi semua jenis-jenis vitamin yang larut di dalam air ini adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang dianjurkan. Jika Anda merasa kebutuhan vitamin Anda kurang, Anda bisa menambah dengan cara konsumsi suplemen.

Dapatkan suplemen dan promo vitamin menarik dengan mengunduh aplikasi Jovee. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *