Categories
Kesehatan Suplemen

Vitamin B Complex Dan Manfaat Kebaikannya Bagi Tubuh

Mengonsumsi vitamin merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh selain berolahraga setiap hari tentunya. Cukup banyak vitamin yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Salah satunya seperti manfaat vitamin B complex yang sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh dan juga menjaga daya tahan agar tetap fit setiap harinya. Apa saja sih macam-macam manfaat vitamin B complex yang perlu diketahui? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya dibawah ini.

Peran Vitamin B Complex pada Tubuh

Bila dipahami secara umum, vitamin B complex ini memiliki peran yang cukup vital dalam beragam fungsi yang ada dalam tubuh. Manfaat vitamin B complex bagi tubuh antara lain dapat membantu menjaga metabolisme sel serta dapat menghasilkan hormon, kolesterol dan juga energi. Selain itu, vitamin B complex juga bermanfaat untuk memelihara fungsi organ tubuh seperti otak, sara, jantung, mata dan pencernaan. Vitamin B ini juga berperan dalam pembentukan sel darah merah pada tubuh.

Bagi wanita khususnya ibu hamil, vitamin B berperan penting dalam membantu perkembangan dari otak janin serta mengurangi adanya resiko cacat. Selebihnya, vitamin B juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual dan memberikan energi lebih pada ibu hamil. Pada pria, vitamin B berperan untuk peningkatan testosteron dalam tubuh dan juga membantu membangun massa otot menjadi lebih besar dan kuat. Sehingga bagi pria dan juga wanita, vitamin B complex ini memiliki manfaat yang diperlukan dan penting bagi tubuh.

Ragam Vitamin B Complex

Vitamin B ini memiliki delapan ragam atau jenis, yang mana delapan ragam tersebut memiliki manfaat yang berbeda beda. Apa saja itu? Let’s find out!

Vitamin B1

Sering disebut dengan thiamin, vitamin B1 ini berperan untuk menjaga kesehatan kulit serta membantu mengubah karbohidrat menjadi energi. Vitamin ini dapat dijumpai di nasi dan susu.

Vitamin B2

Memiliki nama lain riboflavin, vitamin B2 berperan untuk menjaga metabolisme tubuh dan juga membentuk molekul steroid dan glikogen. Vitamin B2 dapat dijumpai pada sayuran dan susu.

Vitamin B3

Dikenal dengan sebutan niasin, vitamin B3 berperan pada proses metabolisme karbohidrat, protein dan juga lemak. Dapat juga menetralisir senyawa beracun. Vitamin B3 dapat dijumpai pada beragam makanan khususnya daging unggas seperti hati, ginjal dan juga ikan-ikanan.

Vitamin B5

Punya nama lain asam pantotenat, vitamin B5 berperan untuk mereproduksi asam lemak dan juga hormon bagi tubuh manusia. Vitamin B5 sendiri banyak dijumpai pada sayuran hijau.

Vitamin B6

Vitamin B6 atau pyridoxine berperan membantu menghasilkan antibodi yang berguna untuk melindungi tubuh. Vitamin B6 banyak dijumpai pada kacang-kacangan, daging dan jagung.

Vitamin B7

Disebut juga biotin, bagi penyuka kecantikan, vitamin B7 ini dapat berperan penting dalam rangka memecah lemak dan protein. Selain itu juga dapat mengatur sel DNA dalam tubuh.

Vitamin B9

Asam folat atau vitamin B9 umumnya cukup dikenali, yang mana perannya mengurangi resiko anemia dengan pembentukan hemoglobin dalam tubuh.

Vitamin B12

Vitamin B12 atau sianokobalamin yang merupakan mempunyai salah satu manfaat vitamin B complex untuk membentuk DNA, serta membantu memelihara kesehatan sel saraf. Mudah dijumpai pada daging-dagingan, telur dan juga hati.

Guna memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut, kini telah hadir aplikasi Jovee yang memberikan rekomendasi vitamin dan pilihan vitamin terbaik bagi Anda. Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *