Categories
Kesehatan

Tips Cara Merebus Telur Yang Sehat

Telur menjadi salah satu makanan favorit yang biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia dan memang menjadi makanan yang mudah sekali didapat. Namun cara merebus telur yang sehat itu harus dipraktikkan supaya orang itu bisa mendapatkan gizi yang maksimal dari telur tersebut. Karena dari cara merebus yang salah saja sudah bisa membuat telur kurang kandungan gizinya dan membuat orang kesulitan sendiri. Jadi merebus telur itu harus benar supaya kita bisa mendapatkan kandungan gizi yang lebih baik.

Tipe Orang Merebus Telur

Sebenarnya untuk yang selama ini orang memasak telur itu ataupun merebus telur ada beberapa tipe orang dalam merebus telur tersebut. Ada yang merebusnya sampai benar-benar matang, ada yang merebusnya setengah matang dengan kuning yang lembek. Ada yang merebusnya setengah matang dengan kuning yang masih encer ataupun masih cair, jadi ada beberapa tipe. Dan cara merebusnya pun berbeda-beda tergantung tujuan telur yang diinginkan itu ingin seperti apa, apakah matang benar atau setengah matang.

Acuan Dalam Merebus Telur

Sebenarnya ada beberapa acuan yang perlu diperhatikan ketika orang akan merebus telur bagaimanapun tujuan yang diinginkan. Salah satunya yang harus diperhatikan adalah soal teknik perebusan telur, dimana orang itu haruslah memanaskan air yang cukup. Jadi jumlah airnya itu haruslah cukup banyak sampai bisa merendam semua telur yang akan kalian rebus tersebut. Cara merebus telur yang sehat itu harus terendam semua secara sempurna dengan air yang sudah dipanaskan ya.

Selain soal teknik kalian juga harus memperhatikan soal waktu ataupun lama dari perebusan telur tersebut berapa lama. Nah soal waktu inilah yang membedakan mana yang sehat dan mana cara yang mungkin kurang sehat untuk dipakai merebus telur. Akan tetapi kalau orang ingin merebus telur secara sehat, maka diperlukan untuk merebusnya sampai benar-benar matang secara sempurna. Dan biasanya membutuhkan waktu sekitar 12 sampai 13 menit untuk matang, itu adalah cara sehat merebus telur.

Beberapa Faktor Rebus Telur Matang Lebih Sehat

Sebenarnya ada banyak perdebatan mengenai apakah lebih baik merebus telur sampai matang atau lebih baik setengah matang sih. Sebenarnya memang ada beberapa faktor yang membuat merebus telur di Indonesia itu akan lebih sehat kalau direbus sampai matang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, yang semestinya Anda ketahui supaya tahu lebih sehat mana dengan kondisi seperti apa. Berikut beberapa faktor cara merebus telur yang sehat itu adalah dengan merebus sampai benar-benar matang.

1. Kandungan Protein Lebih Mudah Diserap

Hal yang pertama adalah kandungan protein yang akan diserap dari telur yang matang itu akan bisa terserap 91%. Karena pada saat protein di telur dimatangkan maka akan tercampur dengan protein di sekitarnya dan akhirnya jadi lebih mudah diserap. Sehingga manfaat telur bisa didapatkan lebih baik kalau dimasak matang.

2. Adanya Bakteri Salmonela       

Hal kedua adalah bakteri salmonela, dimana ini akan ada banyak sekali di telur ini dan bisa mati kalau dimasak matang. Telur akan aman dari salmonela kalau sudah dipasteurisasi terlebih dahulu dan di Indonesia jarang ada telur yang dipasteurisasi. Jadi cara merebus telur yang sehat itu adalah harus direbus sampai matang.

Memang sekarang ini sangat tren sekali orang memulai pola hidup sehat, nah kalian butuh untuk install Jovee, di sana ada banyak sekali tips dan trik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *