Categories
Kesehatan Suplemen

Takaran Dosis Evening Primrose yang Tepat dan Efek Sampingnya

Dosis Evening Primrose

Minyak evening primrose merupakan salah satu minyak esensial yang digunakan dalam perawatan kesehatan serta perawatan kulit. Umumnya minyak primrose aman digunakan dalam dosis yang direkomendasikan. Beberapa efek samping ringan yang dapat terjadi ketika Anda mengonsumsi dalam jumlah besar, berikut adalah penjelasan dosis evening primrose dan efek sampingnya.

Dosis Evening Primrose

Minyak evening primrose merupakan salah satu dari minyak esensial yang banyak digunakan untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Minyak primrose sendiri dikenal karena kemampuannya untuk menyeimbangkan kadar hormon, menyembuhkan gejala menopause, dan membantu persalinan.

Umumnya, minyak evening primrose aman untuk kebanyakan orang yang menggunakannya dalam jangka waktu pendek dan dengan dosis yang direkomendasikan. Namun penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan efek seperti mual, sakit kepala dan kotoran yang encer. Jika Anda mengalami gejala tersebut, artinya Anda telah menggunakannya dengan dosis yang terlalu tinggi.

Agar tidak menimbulkan reaksi alergi, pastikan untuk selalu menguji kosmetik atau bahan apapun yang akan anda gunakan. Demikian pula sebelum menggunakan minyak evening primrose. Oleskan sedikit pada lengan atau leher untuk memeriksa apakah timbul iritasi, kemerahan atau ruam dalam 1-2 jam. Jika tidak, minyak ini aman untuk Anda gunakan.

Dosis evening primrose oil sebenarnya berbeda-beda, tergantung pada kondisi yang terjadi. Namun, pada umumnya dosis yang disarankan adalah 8 sampai 12 kapsul sehari, dengan dosis 500 mg per kapsul. Pada kondisi tertentu, misal untuk mengatasi nyeri payudara dosisnya adalah 3-4 gr per hari dan untuk kesehatan kulit, dosisnya adalah 500 mg kapsul 3 kali sehari.

Efek Samping Minyak Evening Primrose

Meski umumnya tidak berbahaya, bahan apapun yang digunakan secara berlebihan akan menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Begitu pula dengan minyak primrose. Ketika digunakan atau dikonsumsi secara berlebihan, minyak primrose berpotensi menimbulkan efek samping yang lebih berat seperti berikut ini:

1. Tekanan Darah Rendah

Minyak evening primrose dikenal digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Bagi kebanyakan orang, hal ini bisa bermanfaat baik. Namun, jika Anda juga mengonsumsi obat-obat penurun tekanan darah, Anda harus berhati-hati dengan minyak ini dan pastikan untuk bertanya terlebih dulu kepada dokter Anda.

2. Hipoglikemia

Efeknya yang kedua adalah hipoglikemia pada pasien penderita diabetes. Penyakit ini merupakan kondisi dimana kadar glukosa berada di bawah batas normal. Pada umumnya, batas seseorang bisa dianggap hipoglikemia ketika gula darahnya dibawah 60 mg/dl.

3. Alergi

Efeknya yang ketiga ini memang jarang terjadi, mungkin hanya ke beberapa orang yang memang memiliki alergi. Gejala alergi yang umum terjadi antara lain iritasi kulit, ruam, mual, muntah, serta nyeri perut. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melakukan tes terlebih dulu sebelum menggunakan bahan apapun.

4. Masalah Neurologis

Hal ini terjadi banyak terjadi pada beberapa orang yang menderita epilepsi, minyak primrose diketahui dapat menyebabkan migrain. Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Masalah Pendarahan

Jika Anda akan menjalani operasi, hentikan penggunaan minyak ini setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi Anda. Pasalnya, minyak ini diketahui dapat menurunkan proses pembekuan darah sehingga bisa berbahaya bagi Anda.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang dosis evening primrose dan efek samping yang mungkin bisa terjadi. Selalu berhati-hati dengan bahan yang Anda gunakan sekalipun bahan tersebut berasal dari alam atau bersifat alami. Hal ini karena setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap bahan tertentu.

Ingin mulai gaya hidup sehat? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *