Categories
Suplemen

Suplemen Kesehatan Untuk Menurunkan Kolesterol yang Wajib dicoba

Suplemen Kesehatan Untuk Menurunkan Kolesterol

Banyak masyarakat di dunia ini yang memiliki masalah dengan kolesterol yang tinggi. Hal ini tentunya tidak terjadi berikut saja, namun merupakan efek samping dari pola makan yang tidak sehat. Nah, untuk menurunkan kadar kolesterol, maka Anda membutuhkan suplemen kesehatan untuk menurunkan kolesterol. Apa saja suplemen tersebut? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Minyak Ikan

Suplemen pertama yang bisa Anda gunakan adalah minyak ikan. Minyak ikan memiliki kandungan omega-3 yang sangat baik untuk menekan kolesterol jahat dalam darah. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan mengonsumsi minyak ikan 250 mg per hari bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

2. Suplemen protein kedelai

Banyak mengonsumsi suplemen protein kedelai juga sangat baik lho untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kedelai juga memiliki kandungan tambahan seperti isoflavon, saponin, dan lesitin yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Serat Psyllium

Serat yang satu ini sudah terbukti menurunkan kolesterol jahat secara nyata terutama pada penderita penyakit diabetes tipe 2. Serat ini bisa Anda temukan pada berbagai jenis makanan yang mengandung serat buah, sayur serta gandum.

4. Coenzym Q10

Suplemen berikutnya adalah Coenzym Q10. Suplemen ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hanya saja, mengonsumsi suplemen ini bisa menimbulkan efek samping seperti mual, sakit kepala, dan diare.

5. Niacin

Niacin adalah jenis suplemen yang merupakan golongan vitamin B. suplemen yang satu ini memiliki manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Vitamin yang satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 2-3 gram per harinya.

Namun, mengonsumsi suplemen kesehatan untuk menurunkan kolesterol ini bisa menimbulkan efek samping lho. misalnya saja seperti munculnya ruam pada kulit, gangguan pencernaan hingga nyeri otot. Selain itu, suplemen ini juga tidak dianjurkan untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit liver, tukak lambung dan asam urat.

6. Barley

Barley atau dikenal juga dengan nama jelai adalah jenis biji-bijian yang berasal dari golongan gandum. Biji-bijian ini memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol lho. tidak hanya kolesterol saja, namun ia juga dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh serta menjaga sistem pencernaan.

7. Ekstrak teh Hijau

Teh hijau biasanya dikonsumsi oleh orang Jepang, hal ini karena jenis teh ini memang memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Mengapa demikian? Kandungan antioksidan pada teh hijau inilah yang berperan. Hanya saja, mengonsumsi suplemen jenis ini juga menimbulkan efek samping seperti muntah, mual dan bahkan diare.

8. Bawang Putih

Banyak orang mengira bawang putih hanya bisa dijadikan sebagai bumbu daur saja. Padahal, beberapa penelitian menyebutkan bahwa bawang merah memiliki potensi yang baik untuk menurunkan kolesterol. Hanya saja, memang muncul banyak kontroversi mengani hal ini. Oleh sebab itu, Anda harus mencari sumber dan informasi yang lebih jelas.

9. Beras Merah Fermentasi

Tahukah Anda, beras merah juga memiliki manfaat yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol lho. apalagi jenis beras merah fermentasi yang memiliki kandungan yang cara kerjanya mirip dengan obat kolesterol jenis statin.

10. Probiotik

Probiotik merupakan sebuah mikroorganisme yang hidup serta memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan manusia jika jumlahnya tepat. Probiotik mempunyai beberapa manfaat, diantaranya seperti menurunkan risiko kanker, mengurangi kolsterol, antidiabetes, meningkatkan pencernaan dan masih banyak lainnya. Nah, probiotik ini bisa Anda temukan pada makanan seperti kimchi dan yoghurt.

Penggunaan suplemen kesehatan untuk menurunkan kolesterol di atas juga harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Dengan demikian, manfaatnya bisa Anda rasakan lebih mudah.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *