Categories
Penyakit

Pertolongan Pertama Cara Mengobati Ambeien di Rumah

cara mengobati ambeien

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri, pembengkakan, dan gatal pada anus yang terjadi akibat ambeien. Beberapa cara berikut ini memang tergolong sederhana namun cukup efektif untuk mengurangi keluhan yang sedang Anda alami. Nah ini dia beberapa cara mengobati ambeien di rumah. 

Makan Makanan Berserat Tinggi

Mengonsumsi lebih banyak buah, sayur dan biji-bijian juga menjadi salah satu cara efektif untuk mengobati ambeien di rumah. Cara yang satu ini mampu melembutkan tinja dan meningkatkan curah guna membantu Anda menghindari ketegangan yang dapat memperburuk gejala wasir yang sedang dialami. Tambahkan serat secara perlahan guna menghindari masalah dengan gas. 

Menggunakan Obat Topikal

Menggunakan obat topikal merupakan cara mengobati ambeien paling mudah yang bisa Anda lakukan. Ada banyak sekali obat ambeien yang bisa digunakan. Baik dioleskan, dimasukkan ke liang anus atau menggunakan bantalan yang mengandung agen rasa mati. Jenis obat-obatan ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menciutnya pembuluh darah. 

Rendam Air Hangat atau Sitz Bath

Merendam anus menggunakan air hangat juga merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri akibat ambeien. Anda hanya perlu menyiapkan bak mandi yang berisi air hangat. Kemudian rendam anus ke dalam air hangat tersebut selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Lakukan setidaknya dua hingga tiga kali sehari. 

Metode merendam anus di dalam air hangat ini juga sering disebut sebagai sitz bath yang mampu membantu menenangkan daerah wasir yang meradang dan membengkak. Namun hal yang perlu Anda perhatikan adalah kehangatan air tersebut. Pastikan air jangan sampai terlalu panas ya. 

Selalu Jaga Kebersihan Anus

Meski terasa tidak nyaman dan perih, namun penting juga bagi Anda untuk selalu membersihkan daerah anus. Pastikan bersihkan daerah Anda setiap hari saat mandi. Khusus untuk daerah kulit di sekitar anus lakukan dengan lembut. 

Selain itu Anda juga bisa menggunakan air hangat sebagai kelanjutan dari metode sitz bath. Hindari membersihkan anus dengan menggunakan tisu berbasis alkohol atau parfum. Jangan lupa keringkan daerah anus dengan menggunakan handuk secara lembut atau menggunakan pengering rambut. 

Hindari Menggunakan Tisu Toilet Kering

Demi menjaga daerah anus agar tetap bersih setelah buang air besar, Anda bisa menggunakan handuk lembap atau tisu toilet basah yang tidak mengandung parfum atau alkohol. Pastikan untuk menghindari menggunakan tisu kering yang teksturnya cenderung lebih kasar. Mengapa demikian? Pasalnya hal yang satu ini dikhawatirkan mampu menimbulkan iritasi pada area anus. 

Kompres Dingin

Ketika ambeien atau wasir tiba-tiba terasa begitu nyeri atau membengkak, Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan es batu atau kompres dingin pada area anus. Jangan langsung menempelkan es batu pada area anus cara langsung, gunakan pelapis seperti handuk atau kain. 

Minum Obat Analgetik

Jika Anda belum sempat pergi ke dokter untuk mengobati ambeien yang sedang dirasakan, maka Anda bisa mengobatinya dengan obat pereda nyeri atau obat analgetik. Obat yang satu ini sudah dijual bebas di pasaran seperti paracetamol, aspirin, ibuprofen dan lain sebagainya. Jenis obat-obatan tersebut mampu mengatasi rasa sakit untuk sementara waktu. 

Nah itu dia cara mengobati ambeien di rumah yang umumnya akan mereda dalam waktu 1 minggu. Jika rasa nyeri sudah berangsur-angsur membaik atau justru Anda mengalami sakit yang disertai pendarahan hebat pastikan segera temui dokter. Anda juga bisa menggunakan obat tradisional berbahan alami untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan akibat ambeien. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *