Categories
Kesehatan

Penyebab Kekurangan Kalsium Terhadap Tubuh

Kalsium menjadi unsur yang penting bagi tubuh setiap manusia. Jika tubuh kita tidak mendapatkan kalsium sesuai rekomendasi asupan harian, maka penyakit yang akan muncul bisa cukup banyak. Jika anda kekurangan kalsium, maka bukan kondisi yang bisa anda sepelekan. Jika kita kurang kandungan kalsium maka adalah kondisi tubuh yang wajib untuk dihindari. Lalu dari kejauhan, akan ada berbagai penyakit yang siap menyerang mereka yang kurang kalsium. Tak heran kalau nantinya tubuh kita rentan terhadap ragam penyakit. Karena kalsium ini adalah mineral yang dibutuhkan tiap tubuh manusia.

Beberapa Gejala Dari Kurang Kandungan Kalsium

Tubuh kita membutuhkan kalsium agar bisa memperkuat gigi dan tulang. Di samping itu, ada organ vital dalam tubuh seperti organ jantung yang mengandalkan kalsium berfungsi baik. Ketika kita kurang kandungan kalsium, maka tubuh Anda rentan dengan ragam penyakit tulang seperti Osteoporosis yaitu kepadatan tulang yang menurun.

Bisa juga terjadi Osteopenia yaitu rendah atau hilang kepadatan tulang. Anak-anak yang kurang kalsium, berisiko tidak bisa mempunyai tinggi tubuh maksimal saat dewasa kelak. Tentunya Anda tidak ingin penyakit dan juga kondisi mengerikan seperti ini terjadi. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa tanda kalau tubuh kita kekurangan kalsium.

·         Gejala kelelahan yang berlebihan

Jika kita kurang asupan kalsium maka juga akan bisa menyebabkan gejala insomnia. Maka  sehingga Anda nantinya akan kurang beristirahat. Ada juga beberapa hal yang bisa dirasakan juga bagi orang yang kurang kalsium. Misal seperti letih lesu, lalu mudah marah dan kekurangan energi. Dari rasa letih akibat kurang kalsium, dapat menyebabkan sakit di bagian kepala yang ringan, lalu pusing, dan kurang fokus. Termasuk juga bahkan mudah lupa, dan sampai kebingungan.

·         Terdapat masalah pada otot

Bisa juga akan munculnya nyeri pada otot karena kurang kalsium. Mereka yang kurang asupan kalsium akan nyeri otot, lalu kram, dan bisa kejang. Lalu mulai juga merasakan nyeri paha dan juga lengan, terutama ketiak, pada saat hendak berjalan. Jika anda kurang kalsium maka juga akan bisa menimbulkan masalah kesemutan dan juga mati rasa di lengan, tangan, kaki, serta sekitar mulut. Dampak kekurangan kalsium lainnya tentu masih banyak lagi.

·         Masalah kesehatan kuku dan kulit

Jika anda kurang kalsium yang kronis maka dapat berdampak pada kesehatan kuku dan juga kulit. Misalnya saja kulit kita menjadi kering serta gatal-gatal. Lalu kalau lebih parah, bisa juga ada penyakit kulit lain seperti eksim dan psoriasis. Kalau kita kurang kalsium maka juga bisa membuat kuku akan menjadi kering, rapuh dan mudah patah.

·         Sering nyeri saat PMS

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa jika kurang kalsium serta vitamin d maka selama paruh siklus menstruasi kedua dapat menimbulkan sindrom pramenstruasi menyakitkan. Maka yang merasakan hal tersebut disarankan konsumsi suplemen kalsium agar bisa meredakan gejalanya. Vitamin D, kalsium dan vitamin K memang tentu sangat penting anda penuhi. Sebenarnya segala vitamin itu penting tetapi berbeda beda dampaknya. Lebih baik anda penuhi asupan kalsium agar ragam kekurangan kalsium di atas bisa anda hindari.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak informasi selengkapnya hanya di Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi produk suplemen. Dapatkan vitamin yang terbaik hanya dengan Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *