Categories
Kesehatan

Pentingnya Gaya Hidup Sehat Ketika Hamil

Kehamilan adalah hal yang paling diharapkan oleh sebagian besar perempuan yang sudah menikah. Ketika kehamilan datang, maka itu adalah Sindrom hal yang paling menyenangkan di dunia ini. Gaya hidup sehat sangat dibutuhkan agar kondisi kehamilan tidak bermasalah. Macam macam penyakit ibu hamil bisa terjadi ketika anda tidak menjaga gaya hidup sehat anda. Ketika anda sedang hamil maka anda perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi karena anda wajib memenuhi kebutuhan nutrisi anda dan bayi anda. Saat hamil seorang perempuan lebih membutuhkan nutrisi dibandingkan sebelumnya jadi alangkah baiknya untuk terus mengkonsumsi makanan sehat. Olahraga juga wajib untuk dibiasakan karena dengan berolahraga sistem imun ibu hamil bisa lebih baik.

Penyakit Pada Ibu Hamil

Pada saat seorang perempuan sedang mengandung, ada beberapa penyakit berbahaya yang mungkin diidap. Jika tidak diantisipasi maka akan sangat buruk untuk kesehatan anda dan janin yang sedang anda kandung. Berikut adalah penyakit berbahaya yang mungkin diidap oleh ibu hamil ;

  • Hipertensi

Tekanan darah tinggi merupakan hal yang sangat mungkin terjadi pada ibu hamil. Sering kali hipertensi tidak disadari oleh ibu hamil padahal jika diukur tekanan darahnya sudah jauh dari normal. Hipertensi adalah awal dari beberapa penyakit yang lebih berbahaya seperti stroke dan gangguan jantung. Kondisi hipertensi bisa sangat buruk pada ibu hamil karena bisa menyebabkan pandangan kabur, mual dan muntah hebat serta sakit kepala yang tidak tertahan disertai rasa kaku pada leher. Macam macam penyakit ibu hamil bisa diawali karena hipertensi.

  • Plasenta Previa

Kondisi ini terjadi ketika plasenta bayi yang dikandung perempuan menghalangi jalan lahirnya. Ketika kehamilan semakin tua harusnya plasenta semakin naik dan menjauhi jalan lahir bayi. Namun karena kondisi tertentu justru plasenta tetap di bawah yang akhirnya menutupi jalan lahir sebagian atau keseluruhan. Gejala plasenta previa biasanya akan muncul pendarahan tanpa ada rasa sakit, penyakit ini berpotensi membuat bayi lahir prematur atau yang paling parah adalah plasenta terlepas dan akhirnya menyebabkan kematian bayi. Itulah pentingnya untuk selalu memeriksakan kondisi kehamilan.

  • TORCH

Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh toksoplasma yang berasal dari daging mentah, air tidak matang dan sayuran mentah. Itulah mengapa ibu hamil harus memperhatikan makanan mereka termasuk memastikan semua yang dikonsumsi matang karena macam macam penyakit ibu hamil bisa berasal dari makanan atau minuman mentah. Virus rubella juga sering menyerang ibu hamil. Penyakit ini bisa ditularkan melalui hubungan seksual dan bisa dicegah dengan cara imunisasi. Oleh sebab itu ibu hamil wajib menjalani vaksin untuk memastikan tidak mengidap penyakit torch.

  • Diabetes Gestasional

Penyakit ini cukup banyak diidap oleh perempuan hamil. Penyakit diabetes gestasional biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika perempuan sudah melahirkan. Perubahan hormon pada perempuan hamil membuat insulin yang diproduksi tubuh jadi tidak bisa bekerja dengan optimal yang akhirnya menyebabkan diabetes gestasional.

Bagaimana Mencegah Penyakit Di Atas

Penyakit di atas beberapa adalah penyakit yang sangat serius dan bisa berbahaya untuk ibu hamil dan janinnya. Untuk mencegahnya maka perlu memeriksakan kondisi kesehatan tubuh sebelum program hamil. Mengkonsumsi makanan sehat dan gaya hidup sehat wajib diterapkan karena macam macam penyakit ibu hamil ini bisa diderita meskipun sudah melakukan pencegahan.

Ingin mengetahui informasi kesehatan ibu hamil? Daftarkan email Anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial untuk ibu hamil, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *