Categories
Kesehatan

Penting! Ini Manfaat Olahraga Angkat Kaki Bila Dilakukan Rutin

Manfaat Olahraga Angkat Kaki

Pada dasarnya olahraga merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Terdapat beragam kegiatan olahraga salah satunya adalah angkat kaki atau biasa dikenal dengan sebutan leg up. Perlu Anda ketahui gerakan olahraga ini memiliki banyak manfaat. Ini manfaat olahraga angkat kaki bila dilakukan rutin.

1. Membakar Kalori dengan Cepat

Angkat kaki merupakan salah satu gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah sebagai salah satu cara untuk olahraga. Gerakan ini cocok bagi Anda yang sudah sibuk dengan rutinitas. Olahraga yang cukup mudah hanya mengangkat kaki ke tembok sambil berbaring.

Anda dapat melakukan gerakan  ini selama 20 menit setiap hari untuk merasakan manfaat yang luar biasa. Gerakan olahraga ini mampu membantu mengencangkan otot-otot, memperbaiki bentuk tubuh, termasuk membakar 58 – 65 kalori pada setiap 10 – 15 menit.

Manfaat olahraga angkat kaki ini memberikan efek berupa lemak di daerah perut terbakar lebih cepat terlebih lagi ketika Anda mengombinasikan gerakan olahraga ini dengan diet rendah karbohidrat secara tepat dan rutin. Cari posisi paling nyaman untuk melakukan gerakan olahraga angkat kaki.

2. Memperkuat Otot Inti

Manfaat lain yang dapat dirasakan dari melakukan gerakan angkat kaki secara rutin adalah dapat memperkuat otot inti. Melakukan gerakan angkat kaki dengan posisi yang benar mampu menguatkan otot perut bagian bawah dan atas sementara kaki di lantai mampu membakar lemak di perut bagian bawah.

Dalam melakukan latihan ini prosedur yang disarankan adalah dengan mengayunkan kaki maju dan mundur dalam momentum yang lambat. Membiasakan mengulangi gerakan angkat kaki secara rutin dan teratur akan memperkuat otot perut dan fleksor pinggul.

Bagi Anda yang sehari-hari dituntut menggunakan sepatu berhak tinggi meluangkan waktu 20 menit untuk melakukan gerakan angkat kaki bisa jadi penolong agar dalam aktivitas menggunakan sepatu berhak tinggi tidak gampang capek dan sirkulasi darah bisa kembali lancar.

3. Mencegah Stres

Melakukan gerakan angkat kaki atau leg up merupakan berbaring dengan posisi kaki terangkat ke tembok. Posisi seperti ini akan membawa  tubuh menjadi lebih rileks dan mampu bernapas dengan lebih tenang. Dalam kondisi seperti ini jaringan tubuh akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah makin lancar.

Sirkulasi darah yang lancar akan mempermudah proses nutrisi  diedarkan ke seluruh organ dalam. Dengan begitu kemudian  sistem saraf menjadi lebih baik, tekanan di sekitar kening berkurang, leher, dan perut menjadi rileks sehingga menjadi tidak mudah stres. Tidak jarang stres juga dapat dipicu karena susah tidur atau insomnia.

Bagi Anda yang sering mengalami insomnia dapat mencoba  melakukan gerakan angkat kaki secara rutin. Otak akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah lebih lancar dengan melakukan gerakan angkat kaki ke tembok selama 15-20 menit. Kondisi seperti ini akan membawa tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Melakukan gerakan angkat kaki dengan posisi yang benar akan membuat suplai darah menuju organ-organ dalam meningkat melalui aliran dari kaki. Sistem pencernaan menjadi lebih optimal sejalan dengan sirkulasi darah yang meningkat. Memungkinkan sebagian besar nutrisi yang Anda cerna akan diserap dengan lebih cepat.

Tidak hanya rutin melakukan kegiatan olahraga Anda juga perlu menerapkan  pola makan sehat untuk mendapatkan manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk merasakan  manfaat olahraga angkat kaki ada baiknya untuk Anda mulai dari gerakan sederhana mulai saat ini juga.

Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Miliki aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *