Categories
Obat

Pantothenic Acid Manfaat bagi Kesehatan dan Dosisnya

pantothenic acid manfaat

Pantothenic acid manfaat bagi kesehatan sangat banyak sekali. Anda tentu sudah tahu pantothenic acid sama dengan vitamin B5 yang dibutuhkan tubuh. Anda yang kekurangan vitamin B5 bisa mengalami gejala mudah lelah, mudah marah, sakit kepala, dan gangguan pencernaan. Berikut penjelasan manfaat pantothenic acid bagi kesehatan dan dosisinya.

1. Menjaga Kesehatan Rambut

Ada banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada rambut salah satunya adalah kerontokan. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi pantothenic acid karena bisa berfungsi menjaga kesehatan rambut dengan membuatnya tumbuh subur. Rambut juga bisa menjadi lebih berkilau dan tidak kering tentunya, Jadi Anda bisa mengonsumsi obat atau suplemen ini sesuai kebutuhan.

2. Melancarkan Proses Pencernaan

Vitamin B5 memiliki peranan yang pentng dalam metabolisme energi di dalam tubuh. Di mana vitamin B5 akan melancarkan proses pencernaan dengan bekerja membantu pelepasan energi molekul makronutrien. Anda tidak akan mengalami masalah pencernaan selama kebutuhan vitamin B5 ini bisa terpenuhi.

3. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga tidak ada masalah di aliran darah. Anda juga akan tercegah dari masalah penyumbatan di aliran darah. Sel darah merah ini diproduksi di bagian sumsum tulang belakang. Anda bisa meningkatkan produksi sel darah merah dengan mengonsumsi pantothenic acid.

4. Menjaga Sistem Saraf dan Hati

Sistem saraf merupakan komponen yang penting untuk dijaga agar Anda tidak mengalami masalah saat beraktivitas. Selain itu hati juga berperan untuk menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Pantothenic acid manfaat yang juga bisa Anda dapatkan untuk menjaga fungsi sistem saraf dan hati agar bisa berjalan sebagaimana mestinya.

5. Perawatan Kulit

Anda juga bisa menjaga kesehatan dengan pantothenic acid yang manfaatnya untuk perawata kulit. Ada bisa mencampurkannya ke dalam lotion atau krim pelembap kuli agar menjadi lebih sehat dan segar. Hasil perawatan bisa dilihat tentunya setelah pemakaian rutin.

Perawatan kulit juga bisa dilakukan kepada bayi dengan memilih jenis obat pantothenic acid bentuk krim yang dioles. Masalah kulit yang dapat diatasi adalah eksim, ruam popok, gigitan serangga, dan reaksi alergi kulit karena terkena sinar matahari. Cara penggunaanya harus hati-hati pada kulit bayi dengan tidak mengolesnya terlalu tebal.

Dosis Pantothenic Acid 

Dosis obat pantothenic acid disesuaikan dengan kondisi seseorang. Bagi perempuan dan laki-laki dewasa dosisnya adalah 5 miligram (mg). Bisa diminum untuk ibu hamil dengan dosis 6 mg dan bisa untuk ibu menyusui dosisnya adalah 7 mg.

Jika ibu hamil dan menyusui yang memiliki masalah kesehatan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Anak-anak juga bisa mengonsumsinya dengan dosis yang berbeda-beda sesuai usia. Dari usia bayi 0-6 bulan bisa mengonsumsi 1.7 mg. Bayi usia 7-12 bulan sebanyak 1.8 mg.

Berbeda lagi untuk usia 1-3 tahun dosisnya sebanyak 2 mg, anak-anak usia 4-8 tahun dosisnya adalah 3 mg, dan anak-anak usia 9-13 tahun dosisnya sebanyak 4 mg. Bentuk obat pantothenic acid adalah tablet dan kapsul air. Jangan mengonsumsi melebihi dosisi yang sudah ditetapkan agar tidak terjadi overdosis.

Pantothenic acid manfaat yang dimilikinya tidak akan membuat Anda ragu untuk mengonsumsi. Terapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan. Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *