Categories
Uncategorized

Menjaga Kesehatan Bayi Di Musim Hujan

Indonesia saat ini sudah memasuki musim hujan, musim hujan adalah musim yang sangat rentan untuk membuat bayi anda demam. Suhu yang dingin bisa membuat bayi anda terserang demam dan kesehatannya menurun. Anda harus tahu ukuran suhu normal bayi agar anda bisa mengontrol kesehatan bayi, sediakan termometer dengan akurasi tinggi untuk mengecek suhu bayi anda secara berkala.

Apalagi ketika bayi anda mengalami perubahan perilaku seperti lemas dan susah mengkonsumsi ASI. Demam, flu, batuk, hidung tersumbat dan diare adalah beberapa penyakit yang sering terjadi pada bayi ketika musim hujan tiba. Cari informasi sebanyak mungkin mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan bayi disaat musim hujan telah tiba agar anda bisa lebih siap ketika bayi anda sakit.

Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Musim hujan membawa banyak perubahan pada lingkungan sekitar anda, tidak hanya suhu dan kelembaban udara saja, nyamuk juga menjadi tantangan sendiri ketika musim hujan tiba. Berikut tips yang bisa anda lakukan agar kesehatan bayi anda tetap terjaga ketika musim hujan tiba ;

●  Jaga Bayi Tetap Kering dan Bersih

Beberapa orang tua menghindari memandikan bayi ketika musim hujan tiba, namun hal ini justru salah. Bayi anda harus tetap dimandikan dengan memperhatikan suhu air yang digunakan. Mandi bisa menjaga tubuh anda tetap bersih sehingga tidak mudah sakit, ketika memandikan bayi anda perlu memperhatikan area lipatan bayi seperti ketiak, leher dan area genital bayi. Daerah lipatan ini merupakan daerah yang rawan lembab dan menjadi pertumbuhan bakteri. Jika sudah memandikan bayi maka segera keringkan dengan baik bayi anda agar ukuran suhu normal bayi anda tetap terjaga.

●  Hindarkan Gigitan Nyamuk

Saat musim penghujan tiba, nyamuk menjadi hewan yang sangat menjadi tantangan orang tua. Seperti yang kita ketahui bersama, nyamuk bisa berpotensi membawa penyakit tersendiri. Sebagai orang tua, anda harus bisa menghindarkan gigitan nyamuk pada bayi anda. Anda bisa mengoleskan lotion anti nyamuk atau memakai minyak telon yang bisa mencegah gigitan nyamuk.

●  Pakaikan Baju Yang Nyaman

Memberikan baju yang hangat dan nyaman merupakan sesuatu yang harus anda lakukan. Karena suhu yang cenderung dingin maka pakaian hangat merupakan hal yang bayi anda butuhkan. Jangan mengorbankan kenyamanan bayi ketika memakaikan baju hangat. Memakai baju hangat bisa membuat ukuran suhu normal bayi anda tetap terjaga.

●  Jauhkan Dari Orang Sakit

Daya tahan atau imunitas bayi masih sangat lemah sehingga mudah untuk tertular ketika ada orang sakit di sekitarnya. Anda harus menghindarkan bayi anda dengan orang yang sedang sakit. Bayi sangat rentan mengalami sakit yang disebabkan karena tertular orang lain.

●  Hindari Keramaian

Bayi anda tidak membutuhkan hiburan seperti ke jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau ke tempat wisata. Bayi anda belum memahami hiburan seperti itu jadi anda tidak perlu untuk mengajak bayi anda jalan-jalan. Menghindari keramaian adalah cara yang paling bijak untuk anda lakukan agar bayi anda tetap sehat disaat musim hujan.

●  Berikan Multivitamin

Jika memang bayi anda membutuhkan multivitamin tambahan maka anda bisa memberikan multivitamin sesuai dengan rekomendasi dari dokter anda. Ketika ukuran suhu normal bayi meningkat, mungkin juga karena bayi kekurangan vitamin.

Ingin mengetahui informasi multivitamin tepat untuk bayi anda? Daftarkan email Anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat bayi Anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *