Categories
Kesehatan

Menjaga Fungsi Tubuh Dengan Vitamin

Salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin. Vitamin sangat berguna untuk menjaga fungsi tubuh agar bekerja dengan baik. Jika anda mengalami defisiensi vitamin maka akan ada fungsi tubuh yang terganggu. Itulah mengapa konsumsi vitamin sesuai kebutuhan harian tubuh sangat penting dan harus dilakukan.

Apa Yang Terjadi Ketika Kekurangan Vitamin?

Karena fungsinya menjaga fungsi tubuh agar berjalan dengan sebagaimana fungsinya maka akan ada fungsi tubuh yang terganggu ketika asupan vitamin tidak terpenuhi atau defisiensi.

·         Jenis Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh

Tubuh membutuhkan berbagai jenis vitamin bukan hanya satu jenis vitamin saja. Berikut adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh ;

·         Vitamin A

Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air adalah vitamin A. Vitamin ini banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran hijau. Daging, telur dan berbagai macam olahan susu. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu vitamin A juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh, kulit dan menjaga semua organ tubuh manusia berfungsi dengan baik.

·         Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12. Setiap mikronutrien yang terkandung pada vitamin B kompleks bisa berguna untuk mengubah makanan menjadi energi. Gejala depresi juga bisa dihindari dengan mengkonsumsi vitamin B. Fungsi organ seperti jantung juga bisa dijaga dengan baik oleh vitamin B ini. Oleh karena itu sangat penting untuk konsumsi vitamin B kompleks. Prioritaskan untuk mendapatkan asupan vitamin B dari bahan alami makanan bukan suplemen.

·         Vitamin C

Selain vitamin A, vitamin C juga merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini sangat penting untuk penyembuhan sel-sel tubuh yang bermasalah. Vitamin C juga berperan untuk menjaga imunitas tubuh bisa berjalan dengan baik. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang membuat tubuh anda jadi terhindar dari sel kanker dan beberapa penyakit lain yang disebabkan karena radikal bebas.

·         Vitamin D

Vitamin ini sebenarnya bisa diproduksi sendiri oleh tubuh ketika tubuh mendapatkan paparan sinar matahari. Namun ketika asupan vitamin D kurang, anda bisa mendapatkan vitamin D ini dari ikan salmon, kuning telur, susu dan beberapa makanan lain.

·         Vitamin E

Konsumsi vitamin E sangat penting agar anda bisa mendapatkan kulit dan mata yang sehat. Sayuran hijau dan kacang-kacangan adalah salah satu sumber vitamin E yang sangat baik untuk anda konsumsi.

·         Selenium

Selenium adalah mineral yang sangat penting untuk ketajaman fungsi kognitif, sistem kekebalan tubuh yang baik, dan kesuburan bagi pria maupun wanita. Selenium bisa anda temukan pada nasi, telur, daging, makanan laut dan beberapa makanan lain.

·         Yodium

Dahulu sangat banyak orang Indonesia yang mengalami gondok sehingga pemerintah mewajibkan semua garam dapur mengandung yodium. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menekan jumlah penderita gondok di Indonesia. Jika anda merasa kurang mendapatkan asupan yodium maka anda bisa mengkonsumsi hidangan laut, keju dan telur. Ketiga makanan tersebut adalah makanan yang tinggi yodium. Jika dibutuhkan maka anda bisa konsumsi vitamin atau suplemen buatan yang tersedia di pasaran. Lebih baik untuk mengetahui dengan persis manfaat multivitamin yang akan anda konsumsi, anda harus mengkonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi anda.

Ingin lebih mengetahui informasi tentang berbagai macam vitamin? Daftarkan email Anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat Anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *