Categories
Suplemen

Mengetahui Tentang Curcuma Dan Fungsinya

Istilah curcuma umumnya cukup familiar bagi masyarakat di Tanah Air. Namun sebenarnya apa itu curcuma? Curcuma sendiri merupakan istilah lain dari temulawak yang mana telah sudah sejak lama dikenal sebagai obat tradisional yang memiliki beragam kandungan manfaat. Salah satu fungsi curcuma ini yakni membantu dalam mengeluarkan toksin atau racun yang ada dalam tubuh. Hal ini karena kandungan dari curcuma yakni phelandren yang mana dapat membantu dalam proses detoksifikasi. Selain itu kandungan kurkumin dalam curcuma juga memiliki peran yang penting sebagai anti inflamasi dan juga memiliki kandungan antioksidan. Fungsi tersebut diperoleh dari adanya kandungan senyawa alkaloid yang mana terdapat di dalam curcuma.

Fungsi lain dari zat kurkumin yang terkandung dalam curcuma juga sebagai pemelihara dari fungsi dan juga struktur sel yang rusak karena radikal bebas. Kerusakan karena radikal bebas tersebut menjadi faktor utama yang mempengaruhi kesehatan. Penyakit seperti kanker, jantung, diabetes dan juga obesitas merupakan salah satu dari akibat ancaman radikal bebas. Lewat kandungan kurkumin tersebut, dapat mengurangi risiko terserang radikal bebas. Selain hal tersebut, apa saja fungsi curcuma yang lain? Ketahui selengkapnya di bawah ini.

Fungsi Curcuma Bagi Kesehatan

Curcuma yang memiliki kandungan minyak atsiri tersebut dapat membantu ginjal dalam melakukan aktivitasnya secara maksimal. Selain itu, atsiri juga dapat membantu menyaring darah pada saat proses metabolisme pada tubuh. Berikut fungsi curcuma yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

·         Membantu dalam mengatasi masalah pencernaan

Produksi cairan empedu dapat dirangsang dengan adanya senyawa aktif yang terdapat pada curcuma. Hal tersebut tentunya akan membantu dalam proses metabolisme makanan yang ada dalam tubuh. Curcuma juga bermanfaat untuk mengatasi masalah perut kembung dan juga meningkatkan nafsu makan, sehingga tidak heran banyak dijumpai di pasaran berbagai produk yang menjual suplemen untuk menambah nafsu makan dengan kandungan curcuma di dalamnya.

·         Menjaga hati agar tetap sehat

Hati yang sehat dapat diperoleh dari konsumsi rempah. Rempah seperti kunyit dan temulawak memiliki fungsi bagi organ hati. Fungsi curcuma yang merupakan temulawak ini dapat menetralkan racun karena sifatnya yang antimikroba, antiinflamasi dan juga antimikroba. Sehingga racun yang berada di hati seperti karbon tetraklorida ataupun acetaminophen dapat dinetralisir dengan baik.

·         Membantu melawan infeksi jamur dan juga bakteri

Senyawa antimikroba yang terkandung dalam curcuma juga ampuh untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur dan juga bakteri. Jamur dan bakteri yang dapat merugikan kesehatan tubuh dapat dibasmi dengan curcuma yang mengandung antimikroba dan antibakteri.

·         Sebagai obat jerawat

Fungsi curcuma yang lain yakni dapat berguna sebagai obat jerawat. Hal ini lagi-lagi karena sifat antimikroba dan juga antiinflamasi yang mana dapat mengurangi munculnya bakteri dan kuman penyebab jerawat. Curcuma juga bersifat astringent yang manfaatnya untuk mengurangi produksi kelenjar minyak yang berlebih.

Sumber Curcuma

Kandungan dari curcuma sendiri dapat ditemukan pada temulawak maupun suplemen lain yang mana memiliki kandungan kurkumin. Lada hitam yang dipadukan dengan bubuk curcuma juga dapat meningkatkan adanya penyerapan senyawa kurkumin pada tubuh. Tanaman rimpang juga memiliki kandungan aktif dari curcuma yakni minyak atsiri yang mana bermanfaat bagi kesehatan bagi tubuh.

Demikian tadi informasi yang menarik seputar curcuma dan juga fungsi curcuma bagi tubuh. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Temukan lebih banyak informasi kesehatan lewat aplikasi Jovee. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *