Categories
Obat

Mengenal Tentang Obat Dextran

Mengenai dextran adalah obat yang bisa diinjeksikan langsung ke vena yang memiliki khasiat memperbesar volume darah saat transfusi tidak tersedia secara cepat dan perawatan dikarenakan trauma karena pendarahan. Lebih lengkap kita bahas mengenai obat satu ini.

Mengenai Dextran

Dextran yang biasa merupakan campuran molekul yang terdapat pada glukosa yang mengalami polimerasi yang beratnya bervariasi antara 1 – 110 kDa, maka berbeda dengan dextran 70. Dextran 70 sendiri memiliki berat sekitar 70 kDa pada molekulnya dan dipakai sebagai pengganti plasma seperti obat dextran 40.

Dua obat tersebut sebenarnya sama-sama digunakan agar aliran darah meningkat pada anggota tubuh yang mengalami iskemik dan dipakai juga untuk pencegahan trombosit vena dalam. Kadang pada pasca operasi reproduksi, obat ini pun diberikan ke pasien agar mengurangi pembentukan adhesi dengan cara intraperitoneal.

Namun, jangan samakan dengan cairan infus dextrose yang hanya digunakan sebagai pemenuhan asupan gizi pasien. Sedangkan kegunaan dari obat ini juga dijelaskan sebelumnya, yaitu untuk mengatasi masalah seperti syok hipovolemik.

Cara kerja dari obat Dextran adalah obat yang tidak rumit dan proses yang dibutuhkan tidak lama, sekitar 50.000 Dalton massa molekul diubah sebagai glukosa. Saat terjadi ekskresi, pembagian sisa pembuangan pada obat dibuang 50% melalui urine, beberapa tidak mengalami perubahan pada ginjal, dan lainnya dibuang lewat feses. Proses tersebut membutuhkan waktu 24 jam.

Selain memiliki manfaat seperti di atas, obat ini juga biasa digunakan sebagai komposisi obat iritasi mata dengan skala kecil. Salah satu gangguannya adalah xeroftalmia.

Dosis Pemakaian

Penggunaan obat ini disetujui oleh dunia medis pada 1947 dan dextran 70 termasuk dalam golongan obat aman dan efektif dalam industri kesehatan mengikuti daftar obat esensial WHO. Dalam satu dosis pemakaian tergantung dari usia dan juga kondisi tubuh, hingga penyakit yang dialami seseorang.

Misal bagi dewasa dengan syok hipovolemik, dosis yang dibutuhkan lewat jalur intravena di awal sekitar 500 – 1000 ml/kgBB. Obat tersebut diberikan selama 3 hari dengan 10 ml/kg/hari dan laju infus 20 – 40 ml/menit. Dosisnya juga sama untuk kondisi profilaksis setelah operasi, namun pemberiannya membutuhkan jangka waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 2 minggu bagi pasien beresiko tinggi.

Sedangkan untuk anak-anak atau bayi diberikan dosis yang lebih rendah sehingga tidak terjadi hal yang membahayakan. Baik itu pada kondisi profilaksis setelah operasi atau gangguan tromboemboli, dan dosisnya tidak lebih dari 10 ml/kgBB. Bahkan bagi bayi memiliki batas maksimal dosis hanya 5 ml/kgBB.

Efek Samping

Obat dextran adalah obat yang tentu saja bisa menimbulkan efek samping. Saat menggunakan obat ini jelas harus waspada karena beberapa efek samping seperti muntah, demam, nyeri sendi, alergi, sampai pembekuan darah. Selain itu, ada juga efek samping seperti disfungsi ginjal, anafilaksis, koagulopati, sampai ekspansi volume intravascular secara berlebih dan asidosis metabolik juga bisa saja terjadi pada kondisi tertentu bagi para pasien. Jadi penggunaan obat ini harus mengikuti anjuran dari dokter sehingga terhindar dari efek samping seperti yang disebutkan.

Demikian mengenai obat dextran 70. Dextran adalah obat yang memiliki manfaat kesehatan, tapi penggunaannya harus mengikuti anjuran dari dokter.

Jika membutuhkan resep obat tanpa harus antri, cobalah kunjungi Lifepack. Unduh aplikasi agar lebih mudah lewat App Store dan Play Store dan dapatkan obat terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *