Categories
Uncategorized

Mengenal Tentang Coenzyme Q10

Sebagian besar dari masyarakat yang masih awam umumnya cukup asing dengan istilah coenzyme Q10 yang mana cukup sering dijumpai pada suplemen kesehatan yang dijual bagi kalangan masyarakat. Coenzyme Q10 adalah zat yang mana secara alami terdapat dalam tubuh. Fungsinya yang hampir mirip dengan antioksidan membuat zat ini begitu dibutuhkan oleh tubuh. Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang quenzyme Q10, simak informasinya di bawah ini.

Pengertian Quenzime Q10

Coenzyme Q10 atau yang dikenal dengan singkatan CoQ10 atau sebutan ubiquinone merupakan sebuah zat yang bertindak seperti vitamin atau antioksidan dalam tubuh. Coenzyme Q10 adalah zat yang mana dapat dengan mudah dijumpai pada organ penting yang ada dalam tubuh, seperti pada organ hati, jantung, pankreas dan juga ginjal. Substansi atau zat ini mampu menghasilkan sebuah energi yang mana berguna bagi tubuh untuk pengembangan dan juga memelihara sel-sel yang ada pada organ penting tersebut.

Pada tubuh, coenzym Q10 ini diproduksi dan juga disimpan pada bagian yang bernama mitokondria sel. Adapun mitokondria sel sendiri perannya sangat penting dalam produksi energi dan juga melakukan perlindungan pada sel dari penyakit maupun kerusakan. Perlu diketahui bahwa kadar zat satu ini terus berkurang seiring dengan pertambahan usia, sehingga tidak jarang dijumpai seseorang yang mengalami kekurangan coenzyme Q10 atau defisiensi yang menyebabkan mudah terserang penyakit.

Manfaat Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 adalah zat yang punya peran penting dalam tubuh, dimana dengan adanya coenzyme Q10 ada potensi untuk meringankan masalah yang berkenaan dengan kesehatan. Beberapa permasalahan kesehatan yang dapat diringankan dengan zat ini diantaranya :

  • Penyakit Migrain

Dengan mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan coenzyme Q10, maka risiko terkena migrain menjadi berkurang. Migrain sendiri merupakan penyakit kepala sebelah yang mana dapat menimbulkan berbagai gejala seperti mual, muntah dan juga sensitivitas pada cahaya yang mana gejalanya dapat berlangsung dalam kurung waktu yang singkat ataupun lama.

  • Penyakit Parkinson

Bagi penderita parkinson, konsumsi coenzyme Q10 diyakini mampu memperlambat bahkan menghambat perkembangan dan laju dari penyakit parkinson tersebut. Akan tetapi, masih dilakukan banyak penelitian guna benar-benar meyakinkan asumsi tersebut.

  • Penyakit Jantung

Penelitian awal menyebutkan bahwa dengan melakukan konsumsi coenzyme Q10 yang rutin setidaknya dapat mengurangi terjadinya tekanan darah tinggi pada tubuh yang mana akan berimplikasi pada penyakit jantung. Adapun bagi pasien yang tengah menjalani masa pemulihan selepas operasi, dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen coenzyme Q10 yang memberikan nutrisi bagi penguatan sel dalam jantung.

Sumber Makanan Coenzyme Q10

Zat coenzyme Q10 ini dapat ditemukan dalam makanan khusus, seperti :

  • Ikan, yang jenisnya tuna, sarden, makarel, salmon dan ikan kembung
  • Daging ayam, daging sapi dan daging babi
  • Sayuran seperti brokoli, kol dan bayam

Dosis Coenzyme Q10

Bagi penderita yang mengalami defisiensi zat coenzyme Q10 dalam tubuh, dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan coenzyme Q10 yang mana telah tersedia bagi orang dewasa. Pada umumnya, kemasan bagi orang dewasa ukurannya 25 mg yang dikonsumsi sebanyak 1-3 kali dalam sehari. Adapun ukuran 50 mg konsumsinya sebanyak 1-2 kali dalam sehari, dan ukuran 100 mg konsumsinya 1 kali dalam sehari. Bagi anak-anak, konsumsi coenzyme Q10 haruslah sesuai dengan petunjuk dan resep yang telah diberikan oleh dokter.

Demikian tadi informasi tentang coenzyme Q10, dimana coenzyme Q10 adalah zat dalam tubuh yang mana berperan dalam kesehatan dan antioksidan tubuh.

Ketahui beragam suplemen terbaik hanya dari Jovee. Unduh aplikasinya sekarang pada Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *