Categories
Uncategorized

Mengenal Penyakit Hepatitis B

Salah satu penyakit yang menginfeksi organ hati adalah hepatitis B. Penyakit ini bisa dengan mudah dicegah dengan melakukan vaksin atau imunisasi. Namun ada efek vaksin hepatitis B yang akan ditimbulkan ketika seseorang mendapatkan vaksin ini. Sebenarnya penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya karena penyakit ini tidak bisa bertahan lama pada tubuh manusia.

Namun dalam kondisi tertentu, hepatitis B bisa bertahan dan menjadi penyakit hepatitis B dengan kondisi kronis. Penyakit hepatitis B yang sudah kronis bisa menimbulkan komplikasi yang akan membahayakan nyawa penderitanya seperti kanker hati dan sirosis. Agar tidak terjadi komplikasi maka perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin dan perlu pula untuk mendeteksi penyakit ini secara dini agar bisa melakukan pengobatan sesegera mungkin. 

Cara Penularan Hepatitis B

Virus penyebab hepatitis B akan menetap pada cairan yang ada di tubuh manusia. Darah, sperma, cairan vagina dan lainnya bisa menjadi tempat hidup virus hepatitis B ini. Penyakit ini sangat bisa menular dari penderita ke orang yang sehat. Berikut cara penularan yang sering terjadi pada penyakit hepatitis B ;

  • Berbagi Peralatan Makan

Virus yang menyebabkan hepatitis B biasanya akan bisa bertahan sementara waktu di luar tubuh. Karena hal ini maka penderita hepatitis B bisa menularkan virus yang dimilikinya melalui peralatan makan seperti sendok atau gelas. Untuk itu alangkah baiknya untuk menyediakan peralatan makan dan beberapa peralatan pribadi tersendiri untuk penderita hepatitis B. Selain sendok dan gelas, pisau cukur, sikat gigi, gunting kuku dan handuk adalah beberapa peralatan pribadi yang memungkinkan menjadi perantara penularan virus hepatitis B. Jika ada anggota keluarga terkena hepatitis B ada baiknya untuk segera melakukan vaksinasi pada anggota keluarga lain yang sehat, namun perlu juga memperhatikan efek vaksin hepatitis B ini.

  • Aktivitas Seksual

Virus hepatitis B bisa hidup pada sperma dan cairan vagina seseorang. Aktivitas seksual tanpa kondom berpotensi besar menularkan virus hepatitis B ini. Jika suami atau istri anda sedang menderita hepatitis B alangkah baiknya untuk menghindari aktivitas seksual sementara waktu. Jika memang harus melakukan aktivitas seksual tersebut maka gunakan kondom dan jangan melakukan ciuman karena jika pasangan sedang mengalami sariawan hal tersebut bisa juga berpotensi untuk menularkan hepatitis B.

  • Kehamilan

Ibu hamil bisa menularkan hepatitis B pada anak yang dikandungnya. Tapi beruntung karena saat ini sudah ada vaksin yang tersedia untuk anak baru lahir. Efek vaksin hepatitis B juga harus diperhatikan ketika akan memberikan vaksin ini untuk anak yang baru lahir.

  • Jarum Suntik

Menggunakan jarum suntik bergantian memang tidak pernah direkomendasikan karena banyak potensi penyakit yang bisa ditularkan. Dari mulai hepatitis B sampai dengan HIV/Aids. Jarum suntik adalah media penularan penyakit hepatitis B yang sangat efektif jika jarum suntik ini digunakan secara bergantian. Apalagi ketika orang yang sebelumnya menggunakan jarum suntik yang sama merupakan penderita hepatitis B, sudah pasti orang yang menggunakan jarum suntik setelahnya akan tertular penyakit ini.

Bagaimana Jika Orang Satu Rumah Mengalami Hepatitis B?

Hal yang harus anda lakukan ketika ada orang yang satu rumah dengan anda mengidap hepatitis B adalah dengan segera memvaksin diri anda dan orang lain yang masih sehat. Anda juga harus memperhatikan efek vaksin hepatitis B ini. Kemudian pisahkan peralatan makan dan peralatan pribadi lainnya.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli vaksin hepatitis B. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *