Categories
Obat

Mengenal Manfaat Dari Obat Omeprazole

Omeprazole adalah obat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah atau gangguan naiknya kadar asam lambung. Untuk manfaat obat Omeprazole ini untuk mengurangi kadar asam lambung yang berlebih yang ada pada tubuh. Ketika kadar asam lambung meningkat maka akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dalam tubuh, diantaranya adalah lambung yang terasa perih, perut kembung dan gangguan lainnya.

Makanan Yang Mampu Menurunkan Asam Lambung

Gangguan asam lambung terjadi akibat meningkatnya kadar asam lambung yang dihasilkan oleh tubuh tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kalau kadar asam lambung naik maka akan menyebabkan masalah seperti nyeri ulu hati, batuk, nyeri pada lambung dan sensasi panas pada tenggorokan dan perut kembung. Lalu makanan apa saja yang bisa digunakan untuk menurunkan asam lambung?

·         Jahe

Sifat jahe adalah anti inflamasi sejak dulu dipercaya dapat digunakan sebagai pengobatan untuk asam lambung dan masalah pencernaan yang lainnya.  Bagi penderita asam lambung bisa menggunakan irisan jahe ke dalam masakan dan minuman. Bisa gunakan jahe tersebut setiap hari untuk menurunkan kadar asam lambung.

·         Jenis-Jenis Sayuran

Kandungan lemak yang rendah pada sayuran sangat baik bagi tubuh untuk menurunkan asam lambung berlebih. Sayuran yang baik untuk dikonsumsi misalnya adalah dari brokoli, asparagus, kol, sayuran hijau, kentang, kacang hijau dan juga mentimun. Macam-macam sayuran tersebut baik untuk menurunkan kadar asam lambung pada tubuh jadi bukan saja manfaat obat Omeprazole yang meredakan asam lambung.

·         Oatmeal

Makanan yang kaya akan serat tinggi adalah oatmeal juga bagus untuk mengurangi kadar asam lambung yang berlebih. Serat akan membantu pencernaan kita dan membantu metabolisme tubuh.

·         Buah Melon

Selain pisang buah yang baik untuk menurunkan asam lambung adalah  buah melon. Melon mengandung Magnesium yaitu mineral yang digunakan untuk menyembuhkan asam lambung. Melon tidak memiliki kadar asam sehingga baik untuk pencernaan jadi tidak ada bedanya dengan manfaat obat Omeprazole.

·         Pisang

Pisang jenis buah yang baik bagi penderita asam lambung. Kandungan yang ada dalam pisang membantu makanan agar bisa melewati saluran pencernaan. Jika pencernaan lancar maka akan mengurangi asam lambung.

·         Putih Telur

Putih telur bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Tapi sebaliknya kuning telur tidak boleh karena tingkat lemak yang cukup tinggi. Ada baiknya putih telur dimasak dengan cara direbus.

·         Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak seperti daging ayam, kalkun, ikan dan makanan laut juga bagus untuk penderita asam lambung. Karena penderita asam lambung tidak boleh makan makanan yang mengandung banyak lemak maka kita harus pintar dalam memilih makanan.

·         Yoghurt

Yoghurt meskipun memiliki rasa yang asam tapi memiliki kandungan asam laktat yang  baik untuk menenangkan lambung kita. hal ini sangat baik untuk memberikan efek nyaman pada penderita asam lambung.

Efek Samping Jika Mengonsumsi Obat Omeprazole

Ketika mengonsumsi Omeprazole untuk mengatasi asam lambung maka akan ada efek samping yang dirasakan. Efek samping tersebut mungkin akan jarang terjadi tapi harus tahu apa saja efek sampingnya. Pertama adalah gatal-gatal, kesulitan bernafas, ruam, demam, gejala flu, mual, sakit kepala dan jantung berdebar. Oleh karena itu sebelum menggunakan obat ini, ada baiknya konsultasikan dengan dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari penggunaan obat ini dan bisa merasakan manfaat obat Omeprazole.

Beli obat sakit lambung tanpa harus antri di apotek maka pakai saja Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack di Google Play Store juga App Store untuk konsultasi dokter terbaik di Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *