Categories
Penyakit

Mengenal Jenis Kanker Rektum

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling menyebabkan sesuatu yang sangat fatal. Kanker rektum adalah salah satu jenis kanker yang banyak diidap oleh orang Indonesia. Kanker ini terjadi pada area usus pencernaan paling bawa dekat dengan anus. Kanker ini juga bisa dikenal sebagai kanker anus. Seperti pada umumnya sebuah kanker, kanker anus ini disebabkan karena adanya kelainan genetik yang membuat sel usus tumbuh secara tidak normal dan akhirnya menghasilkan sel-sel kanker yang semakin tumbuh membesar.

Jika sel ini aktif pertumbuhannya maka bisa jadi sel ini menjadi kanker yang lebih ganas. Tapi ketika pertumbuhan tidak ganas bisa jadi akan menjadi jaringan polip biasa. Jaringan sel yang tumbuh secara abnormal ini sering menjadi penyebab terjadinya polip maupun kanker pada usus manusia.

Gejala Kanker Anus Atau Rektum

Orang yang mengalami kanker ini biasanya akan menunjukkan beberapa gejala. Setiap gejala biasanya akan bisa dirasakan oleh penderita itu sendiri. Berikut adalah beberapa gejala yang terjadi pada seseorang yang mengalami kanker anus atau rektum ;

●  Rasa Tidak Nyaman Pada Perut

Pada awal pertumbuhan kanker ini biasanya penderita akan mengalami perasaan yang tidak nyaman pada perut seperti merasa kembung dan kram di perut. Jika anda merasakan gejala ini secara konsisten maka perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui ada atau tidaknya sel kanker yang tumbuh pada usus anda. Pemeriksaan dan penanganan sejak dini bisa membuat kanker yang terjadi pada usus anda jadi semakin mudah untuk ditangani.

●  BAB Tidak Lancar

Seseorang yang mengalami kanker anus ini akan menunjukkan gejala buang air besar tidak lancar. Perubahan kebiasaan pasti akan terjadi pada orang-orang yang menderita kanker usus. Jika anda mengalami buang air besar tidak lancar disertai dengan gejala lain maka sebaiknya anda memeriksakan kondisi pencernaan anda. Bisa jadi hal tersebut adalah gejala kanker rektum yang menjangkiti tubuh anda.

●  BAB Berlendir Atau Berdarah

Gejala seseorang yang mengalami kanker pada usus mereka salah satunya adalah adanya lendir atau bercak darah pada tinja yang dikeluarkan. Hal ini disebabkan karena rektum mengalami luka karena digerogoti oleh sel kanker yang tumbuh.

●  Berat Badan Turun Drastis

Hampir semua penderita kanker termasuk kanker rektum akan mengalami penurunan berat badan yang terjadi sangat drastis. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik akibat adanya sel kanker pada usus. Biasanya penderita kanker ini juga akan mengalami kehilangan nafsu makan yang tentu saja bisa semakin memperburuk penurunan berat badan yang terjadi.

●  Lemas Tidak Bertenaga

Rasa lemas dan tidak bertenaga akan dirasakan oleh penderita kanker karena lemas menjadi salah satu gejala kanker yang sering terjadi dan dirasakan oleh penderita kanker.

●  Bergantian Antara Diare dan Sembelit

Gejala yang cukup umum pada penderita kanker yang terjadi pada usus ini adalah mengalami diare dan sembelit pada waktu yang hampir berdekatan. Hal ini disebabkan karena sel kanker merusak sistem pencernaan yang terjadi di usus.

Kapan Membutuhkan Bantuan Dokter?

Jika beberapa gejala yang sudah dibahas di atas anda rasakan maka anda harus segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Jika anda abai padahal sudah merasakan semua gejala kanker rektum maka kanker tersebut menjadi sangat berbahaya untuk anda. Setelah berobat pastikan anda mengkonsumsi obatnya secara teratur. Anda juga bisa menebus obat secara online.

Download aplikasi Lifepack di Playstore atau Appstore, Lifepack adalah apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *