Categories
Uncategorized

Manfaat Vitamin B Bagi Ibu Hamil

Kehamilan adalah masa-masa penting bagi ibu dan pertumbuhan janin. Oleh sebab itu pentingnya asupan nutrisi dan vitamin yang tercukupi setiap hari. Salah satu vitamin yang penting bagi ibu hamil adalah vitamin B kompleks. Oleh sebab itu, pentingnya kegunaan vitamin B kompleks bagi kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks adalah semua tipe vitamin B yang diperlukan oleh tubuh dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin B kompleks merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam air sehingga mudah diserap oleh tubuh. Manfaat dari vitamin B kompleks tidak hanya baik untuk ibu hamil tetapi juga membantu proses pertumbuhan janin.

5 Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Ibu Hamil

Salah satu fungsi penting vitamin B kompleks bagi ibu hamil adalah untuk membantu memproduksi energi. Karena ibu hamil cepat merasa lelah sehingga diperlukan energi ekstra untuk beraktivitas. Selain itu, manfaat lainnya juga dapat anda ketahui seperti Berikut ini:

1. Menjaga Sistem Saraf dalam Tubuh

Sistem saraf memiliki hubungan yang penting dengan otak sehingga penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Apalagi ibu hamil kerap mengalami nyeri pada sistem saraf seperti nyeri punggung, kram otot hingga pusing. Oleh sebab itu, kegunaan vitamin B untuk mencegah terjadinya masalah pada sistem saraf ibu hamil.

2. Mengurangi Rambut Rontok

Perubahan hormon selama masa kehamilan kerap menimbulkan kerontokan pada rambut dan masalah kulit. Vitamin B kompleks khususnya vitamin B7 mampu membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ibu hamil harus menjaga sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin B yang tinggi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika diperlukan, mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks demi mencukupi kebutuhan vitamin B harian.

4. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Semua ibu hamil tentu mengharapkan agar bayi dalam kandungan dapat lahir dengan organ lengkap dan sempurna. Oleh sebab itu, penting bagi ibu untuk menjaga asupan nutrisi. Kegunaan vitamin B seperti asam folat mampu mencegah resiko bayi lahir cacat.

Ibu hamil dapat mengonsumsi makanan tinggi asam folat seperti ikan salmon, daging sapi, jamur, dan telur. Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan sehat lainnya untuk kebutuhan nutrisi yang seimbang.

5. Mencegah Gangguan Pencernaan

Vitamin B kompleks yang mudah larut dalam air sangat mudah untuk diserap oleh tubuh sehingga dapat memperlancar pencernaan. Ibu hamil sering mengalami sembelit yang diakibatkan oleh perubahan hormon, vitamin B kompleks khususnya vitamin B1, B2, dan B6 mampu mencegah gangguan pada sistem pencernaan.

Tips Mengonsumsi Vitamin B Kompleks

Sumber vitamin B bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti produk-produk hewani diantaranya, daging sapi dan daging ayam. Makanan yang berasal dari laut juga tinggi akan kandungan vitamin B kompleks seperti ikan salmon, kerang, dan tiram. Selain itu, sumber vitamin B juga bisa didapatkan dari sayur-sayuran seperti bayam dan brokoli, serta kacang-kacangan.

Apabila ibu hamil ingin mendapatkan sumber vitamin B kompleks yang mudah adalah dengan suplemen makanan. Kegunaan vitamin B kompleks bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan sangat penting. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan berbagai resiko penyakit sehingga perlu dihindari.

Ingin tahu suplemen dan vitamin harian sesuai kebutuhan personalmu? Dapatkan informasi selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasinya melalui Playstore maupun Appstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *