Categories
Obat

Manfaat Obat Rivaroxaban dan Cara Pakai yang Tepat

Manfaat Obat Rivaroxaban

Salah satu obat yang sangat terkenal karena perannya dalam membantu mencegah pembekuan darah adalah rivaroxaban. Obat ini memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah mampu mencegah stroke. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan manfaat obat rivaroxaban, efek samping dan cara pakainya.

Manfaat Obat Rivaroxaban

Sebagai obat pengencer darah, rivaroxaban memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah untuk mencegah stroke pada orang dengan fibrilasi atrium nonvalvular. Beberapa pasien yang memiliki potensi stroke juga telah membuktikannya sendiri, bahwa memang obat yang satu ini memiliki peran yang sangat baik dalam melakukan pencegahan.

Obat ini juga memiliki manfaat dalam mencegah dan mengobati penggumpalan pada darah. Gangguan ini biasanya terjadi pada pembuluh darah yang berada pada kaki. Jika dibiarkan, penggumpalan darah ini akan berdampak pada paru-paru. Dampak paling menakutkannya adalah bisa menyebabkan emboli paru.

Selain itu, obat ini juga mampu mencegah trombosis vena dalam atau yang disingkat dengan DVT. Khususnya pada pasien yang telah melakukan operasi penggantian pinggul atau lutut. Manfaat obat rivaroxaban lainnya adalah untuk mengurangi risiko masalah jantung, seperti serangan jantung dan juga stroke, khususnya pada orang dengan penyakit aetreri coroner kronis (CAD).

Efek Samping

Setiap obat pasti memiliki efek samping, termasuk obat yang satu ini. Efek samping yang diterima oleh beberapa orang juga akan berbeda-beda, tergantung bagaimana respon tubuh terhadap suatu obat. Beberapa efek samping yang mungkin akan terjadi adalah sakit punggung, pusing, sakit kepala, dan urin berwarna gelap, seperti merah atau coklat tua.

Beberapa efek samping tersebut adalah termasuk efek samping yang ringan. Rivaroxaban juga memiliki potensi menyebabkan beberapa efek samping yang serius, seperti gusi berdarah, tinja berdarah yang disebabkan karena tidak berfungsinya usus atau kandung kemih, rasa terbakar, dan perasaan kesemutan.

Beberapa orang juga mengalami efek samping seperti peningkatan aliran menstruasi pada wanita, hal ini disebabkan efek dari obat rivaroxaban dalam melakukan pengenceran pada darah. Batuk darah juga bisa saja terjadi setelah mengonsumsi obat ini, dan jika Anda mengalaminya jangan khawatir, karena memang ini sangat sering terjadi setelah mengonsumsi obat ini.

Jika Anda mengalami masalah efek samping yang serius setelah mengonsumsi obat ini, Anda bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat. Jika memang tubuh tidak bisa menerima obat ini, mungkin saja efek samping yang serius bisa terjadi, dan dokter mungkin saja akan menyarankan untuk menghentikan pengobatannya.

Cara Kerja

Cara kerja dari obat ini sebenarnya sangat simpel. Sebagai obat yang disebut dengan antikoagulan, rivaroxaban akan menghambat penggumpalan darah. Cara kerjanya adalah dengan mencegah pembentukan gumpalan pada darah dengan melakukan pemblokiran pada zat yang disebut dengan faktor Xa atau penghambat.

Ketika faktor penghambat tersebut telah terblokir, maka akan mengurangi enzim yang disebut dengan thrombin yang ada pada tubuh. Zat ini merupakan zat yang dibutuhkan untuk membentuk pembentukan gumpalan darah. Ketika zat ini menurun, tentunya proses pembekuan pada darah pun tidak akan terjadi.

Dengan begitu, masalah-masalah seperti stroke, serangan jantung atau masalah jantung serius lainnya akan teratasi. Hal tersebut dikarenakan, beberapa penyakit tersebut bisa terjadi karena adanya pembekuan dalam darah.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang manfaat obat rivaroxaban, efek samping dan juga cara kerjanya. Selalu gunakan obat ini sesuai dengan dosis yang telah diberikan oleh dokter. Sebelum mengonsumsinya, selalu baca keterangan yang tertera pada obat, untuk mengantisipasi, hal-hal yang tidak diinginkan.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *