Categories
Kesehatan

Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak yang Menyehatkan

Salah satu jenis makanan yang banyak diburu oleh orang yang sedang menjalankan program diet adalah makanan tinggi protein dan rendah lemak. Tidak hanya amuh untuk diet, namun makanan ini juga menyehatkan. Mau tahu apa saja makanan ini, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Tuna

Makanan yang tinggi protein dan rendah lemak pertama adalah ikan tuna. Ikan tuna tidak hanya kaya akan protein saja, namun ia juga rendah lemak karena terdapat kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya.

Bahan makanan ini juga mudah diolah dan memiliki rasa yang enak lho. untuk Anda yang sedang menjaga berat badan juga bisa banget menggunakan makanan ini. Selain itu, makanan ini juga akan menyehatkan jantung apabila dikonsumsi.

2. Telur

Salah satu makanan tinggi protein rendah lemak yang sangat bagus untuk pembentukan masa otot adalah telur. Satu porsi telur dengan masa 100 gram memiliki kandungan protein sebanyak 13 gram 155 kalori.

Untuk Anda yang sednag menjalankan program diet, Anda bisa merebus telur sebagai solusi. Pasalnya, dengan cara direbus maka hal ini tidak akan menambah kandungan lemak pada telur.

3. Kacang almond

Selain telur, makanan tinggi protein dan rendah lemak yang menyehatkan lainnya adalah kacang almond. Kacang almond biasanya dijadikan sebagai camilan untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

Adapun kandungan protein dalam kacang almond ini sebanyak 6 gram dari 30 gram kacang. Selain itu, tidak hanya protein saja, namun terdapat kandungan vitamin E, mangan dan juga magnesium di dalamnya.

4. Bayam

Bayam menjadi salah satu makanan yang tinggi protein dan serat yang bisa Anda konsumsi. Bayam sendiri memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya untuk penglihatan dan meningkatkan imunitas.

Tidak hanya itu saja, dalam bayam juga terdapat kandungan betakaroten, lutein, klorofil dan juga zeaxanthin. Ia juga memiliki kandungan vitamin B mulai dari B1, B2, B3, serta B6. Inilah mengapa bayam menjadi makanan tinggi protein dan rendah lemak yang menyehatkan.

5. Tempe

Tempe, siapa si yang tidak tahu tempe? Ini adalah makanan yang ada di seluruh penjuru negeri dan mudah untuk ditemukan. Tahukah Anda jika tempe merupakan salah satu sumber protein yang rendah lemak?

Tempe sendiri merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai yang memiliki tekstur padat dengan rasa yang enak. Ia biasanya diolah dengan cara digoreng atau dicampurkan dengan sayur yang ditumis. Nah, dlaam 100 gram tempe terdapat kandungan protein sebanyak 20,8 gram, lemak 8,8 gram, karbohidrat 13,5 gram dan serat 1,4 gram.

6. Greek yogurt

Greek yogurt merupakan salah satu jenis yogurt yang memiliki tekstur lebih kental dibandingkan dengan yogurt biasanya. Yogurt yang satu ini memiliki tekstur yang lebih creamy dan juga memiliki rasa yang lebih lezat.

Untuk greek yang hadir dengan versi tanpa leak biasanya dalam 170 gramnya mengandung protein sebanyak 17 gram.  Yogurt ini juga menjadi salah satu makanan protein tinggi dan rendah lemak yang bisa Anda padukan dengan buah-buahan yang segar dan manis.

7. Edamame

Makanan berikutnya yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak adalah edamame. Edamame merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari Jepang. Kacang yang satu ini memiliki warna hijau dan sangat cocok dijadikan sebagai camilan yang menyehatkan.

Menariknya lagi, dalam satu cangkir kacang edamame terdapat kandungan protein sebanyak 17 gram lho. tidak hanya itu saja, namun kacang ini juga akan memenuhi kebutuhan vitamin K Anda sebanyak 52%.

Bagaimana? Bukankah makanan tinggi protein dan rendah lemak di atas sangat cocok untuk menjaga kesehatan Anda. Ia juga bisa Anda masukkan ke dalam menu diet untuk mendapatkan diet yang menyenangkan. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antre di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *