Categories
Kesehatan Obat

Lakukan 6 Hal ini Sebagai Obat Mengi Alami

Obat Mengi Alami

Saat Anda mengalami mengi, sudah dipastikan akan membuat Anda merasa tidak enak saat Anda bernapas. Baik tiu menghirup maupun menghembuskan napas. Untuk bisa meredakan gejala mengi, Anda bisa menggunakan obat-obatan yang mengandung antiinflamasi. Namun, selain menggunakan obat, Anda bisa melakukan hal berikut ini sebagai obat mengi alami.

1. Mandi Air Hangat

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala mengi saat berada di rumah adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Anda bisa meletakkan handuk yang sudah dibasuh dengan air hangat pada dada kurang lebih selama 30 menit. Kemudian mandi menggunakan air hangat. Cara ini dirasa cukup efektif untuk meredakan masalah pernapasan.

Selain itu, mandi menggunakan air hangat juga bisa membuat tubuh Anda lebih rileks dan juga menurunkan tingkat stres. Dengan begitu, Anda bisa nyenyak saat Anda tidur tanpa mengeluarkan suara mengi.

2. Menghindari Asap Rokok

senyawa nikotin yang ada pada asap rokok yang Anda hirup bisa menjadi salah satu pemicu mengi, dan begitu juga jika Anda perokok pasif. Jika Anda pernah mengalami mengi sebelumnya, menghirup asap rokok dapat memperburuk gejala Anda.

Untuk ini, Anda harus berhenti merokok atau atau menghindari asap rokok. Agar mengi yang pernah Anda alami tidak kambuh lagi. Hal ini juga berlaku untuk asap dari vape maupun rokok elektrik lainnya.

3. Mengoleskan minyak esensial

Obat mengi alami yang selanjutnya adalah menggunakan minyak esensial. Jenis minyak esensial tertentu dipercaya dapat meredakan kondisi mengi, termasuk minyak kayu putih, minyak cengkeh, minyak peppermint, dan minyak lavender. Oleskan minyak esensial di dada dan hirup selama sekitar 15-20 menit.

Setelah itu, keringkan bagian dada dengan kain bersih. Namun, jika Anda sensitif terhadap bau tertentu dan penggunaan minyak esensial dapat memperburuk gejala mengi, Anda harus segera menghentikan penggunaannya agar tidak semakin parah.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Konsumsi  minuman atau makanan yang masih hangat akan melegakan saluran pernapasan yang tertekan, sehingga akan reda kembali. Beberapa minuman atau makanan yang dianjurkan untuk mengobati gejala asma seperti mengi antara lain air hangat, sup hangat, bubur hangat, dan teh herbal hangat.

Makanan dan minuman hangat tersebut dapat membantu membersihkan lendir dari tenggorokan atau saluran pernapasan. Untuk penderita wheezing atau mengi, dianjurkan juga makan makanan bertekstur halus agar tidak terhambat pada saluran pernafasan.

5. Bernapas dengan Perlahan

Luangkan beberapa menit untuk menghirup dan menghembuskan napas melalui hidung. Cara yang sederhana ini bisa membantu melegakan gejala mengi. Selain itu, pernapasan yang lambat juga dapat mencegah hiperventilasi pada paru-paru, yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan saluran napas.

Hiperventilasi sendiri adalah cara cepat menghirup dan menghembuskan napas, hal ini akan menyebabkan tingkat pernapasan tidak seimbang (penurunan oksigen dan peningkatan karbon dioksida).

6. Jauhi Sumber Bau-bauan yang Kuat

Mungkin bagi Anda yang tidak mengalami masalah pernapasan, bau-bauan yang kuat tidak akan menjadi masalah. Namun, bagi Anda yang mengalami gangguan pernapasan seperti mengi.

Sumber bau-bauan yang kuat bisa menyebabkan saluran pernapasan akan semakin menyempit dan bisa memperparah mengi. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menjauhi sumber bau-bauan yang kuat untuk meredakan gejala mengi dan tidak semakin memperparah.

Itulah cara alami untuk berlatih mengatasi mengi, yang terkadang muncul tiba-tiba. Mengi dapat membuat sulit bernapas, jadi perhatian dengan seksama. Jika gejalanya tidak hilang dalam waktu lama setelah Anda melakukan beberapa cara sebagai obat mengi alami. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang serius.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *