Categories
Obat

Kurangi Kolesterol Jahat, Ini Rosuvastatin Dosis dan Cara Konsumsinya

Rosuvastatin Dosis

Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam darah, akan meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit serius seperti serangan jantung dan strok. Oleh sebab itu, selain dengan mengatur pola makan, pengonsumsian obat khusus seperti rosuvastatin, akan bisa mengontrol keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Berikut ulasan mengenai rosuvastatin, rosuvastatin dosis, dan cara pengonsumsiannya.

Apa Itu Rosuvastatin?

Sebelum membahas tentang dosis rosuvastatin serta cara tepat pengonsumsiannya, ada baiknya Anda ketahui lebih banyak dulu mengenai obat rosuvastatin ini. Rosuvastatin merupakan obat yang dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga trigliserida dalam tubuh. Dengan mengonsumsinya juga, maka kadar kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat.

Rosuvastatin bekerja dengan cara menghambat enzim khusus, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi kolesterol dalam tubuh. Alhasil, dengan tak adanya enzim yang dibutuhkan tersebut, kadar kolesterol jahat dalam darah bisa berkurang. Tentu saja, obat ini dikonsumsi bersamaan dengan pelaksanaan pola makan yang teratur.

Rosuvastatin juga kerap dikonsumsi untuk mengatasi hiperkolesterolemia yang diwariskan dari orang tua, baik yang bentuk homozigot maupun heterozigot. Selain itu, obat ini juga dikonsumsi oleh orang yang menderita aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan kondisi di mana terjadi penyempitan pada pembuluh arteri, disebabkan karena penumpukan plak pada dinding pembuluhnya.

Rosuvastatin Dosis 

Dosis rosuvastatin yang diberikan bisa saja berbeda antara satu pasien dengan pasien lainnya, didasarkan atas jenis penyakitnya, serta kondisinya. Bagi pasien dewasa yang menderita hiperkolesterolemia familial homozigot, dosisnya adalah sebanyak 20 miligram sekali dalam sehari dalam bentuk kapsul dan tablet. Dosis mungkin saja ditingkatkan hingga 40 miligram per harinya.

Selanjutnya, bagi orang dewasa yang menderita hiperlipoproteinemia tipe III, dosisnya mulai dari 10 hingga 20 miligram per hari. Dosis mungkin saja ditambah, namun tak akan lebih dari 40 miligram per hari. Bagi orang dewasa yang menderita hiperkolesterolemia familial heterozigot, dosis rovustatin yang diberikan umumnya mulai dari 5 hingga 40 miligram per hari dalam bentuk tablet.

Kemudian, bagi orang dewasa yang menderita aterosklerosis, dosis yang umum diberikan adalah sebanyak 5 hingga 40 miligram per hari. Bagi anak berusia 10 hingga 17 tahun yang menderita hiperkolesterolemia familial heterozigot, dosis yang umum diberikan adalah 5 hingga 10 miligram per hari. Sedangkan bagi yang berusia 8 hingga 9 tahun, dosisnya mulai dari 5 hingga 10 miligram.

Cara Tepat Pengonsumsian Rosuvastatin

Rosuvastatin yang berbentuk tablet atau pun kapsul, dikonsumsi dengan cara langsung ditelan. Jangan mengunyah atau pun menghaluskan rosuvastatin, karena akan bisa memperbesar kemungkinan munculnya efek samping tertentu. Selama mengonsumsi rosuvastatin, jangan konsumsi alkohol karena akan memicu timbulnya efek samping pada liver atau hati Anda.

Efek Samping Pengonsumsian Rosuvastatin

Pengonsumsian rosuvastatin dapat memicu efek samping berupa nyeri di bagian tubuh tertentu, tenggorokan kering, hidung berair, serta suara yang berubah. Efek samping tersebut merupakan tanda bahwa rosuvastatin sedang bekerja dalam tubuh. Umumnya, efek samping ini akan bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya.

Berbeda dengan efek samping sebelumnya, efek samping seperti kesulitan untuk bergerak, nyeri dan bengkak pada sendi, serta kebas dan kram otot terbilang serius. Makanya, jika efek samping tersebut Anda rasakan setelah mengonsumsi rosuvastatin, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai rosuvastatin, rosuvastatin dosis, cara mengonsumsinya, serta efek samping yang berisiko ditimbulkannya. Obat yang tersedia dalam bentuk kapsul dan tablet ini tak dijual dengan bebas, alias harus dengan resep dokter. Ikuti aturan pengonsumsiannya dengan tepat, agar manfaat obat ini bisa dirasakan dengan optimal.

Untuk tebus resep obat, anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *