Categories
Kesehatan

Ketahui Manfaat Cuka Apel

Masyarakat di Tanah Air umumnya telah familiar terhadap cuka apel. Dimana cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang cukup banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat cuka apel sendiri banyak digunakan untuk makanan, bahan pengobatan serta untuk kesehatan tubuh. Cuka apel dapat digunakan sebagai saos bagi salad maupun dapat juga digunakan sebagai pengawet makanan.

Pengertian Cuka Apel

Cuka apel atau cuka sari apel merupakan cairan yang dibuat dengan cara menghaluskan buah apel kemudian diperas untuk diperoleh cairannya. Ketika cairan telah diperoleh, selanjutnya dilakukan proses fermentasi yang mana dilakukan dengan cara menambahkan ragi dan bakteri pada cairan. Tidak hanya ragi, gula juga turut ditambahkan dalam cairan apel yang nantinya dirubah jadi alkohol.

Tak cukup sekali fermentasi, dilakukan fermentasi lanjutan dengan cara mengubah alkohol menjadi cuka dengan menambahkan bakteri yang dapat membentuk asam asetat. Kandungan dari cuka apel sendiri berupa antioksidan, potasium, asam amino dan sedikit vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Cuka Apel

Terdapat beberapa penelitian yang dilakukan untuk memperoleh manfaat cuka apel, yang khususnya bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat dari cuka apel tersebut antara lain:

·         Mengontrol kadar insulin dalam tubuh

Bagi penderita diabetes, cuka apel membantu dalam kontrol kadar insulin dalam tubuh. Hormon insulin sendiri berfungsi untuk mengubah glukosa dari bahan makanan jadi sumber energi. Insulin yang melewati batas dapat membuat sensitivitas insulin dalam tubuh menurun, sehingga dapat memicu terjadinya penyakit diabetes. Penggunaan cuka apel dapat bermanfaat dalam mengontrol kadar insulin pada tubuh.

·         Membantu dalam membunuh bakteri atau kuman pada makanan

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang mana sifatnya membuat makanan menjadi lebih higienis. Fungsi asam asetat tersebut dapat membunuh kuman yang membahayakan tubuh. Cuka apel sendiri baiknya dikonsumsi dengan bahan makanan mentah seperti salad maupun lalapan.

·         Menurunkan berat badan

Konsumsi cuka apel dengan menggunakan 2-4 sendok makan secara rutin setiap hari dapat membantu mengurangi berat badan lebih efektif. Penelitian juga menunjukkan bahwa cuka apel membantu memberikan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Cuka apel juga membantu dalam mengurangi timbunan lemak dalam perut.

·         Menurunkan berat badan

Konsumsi cuka apel dengan menggunakan 2-4 sendok makan secara rutin setiap hari dapat membantu mengurangi berat badan lebih efektif. Penelitian juga menunjukkan bahwa cuka apel membantu memberikan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Cuka apel juga membantu dalam mengurangi timbunan lemak dalam perut. Dengan konsumsi cuka apel secara rutin, timbunan lemak dapat hilang dengan cepat.

·         Melindungi sel dalam tubuh

Cuka apel mengandung polifenol yang mana merupakan antioksidan untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker. Antioksidan sendiri berfungsi melindungi sel tubuh yang dapat mencegah dari timbulnya penyakit kanker.

·         Mengurangi tekanan darah

Bagi penderita hipertensi, cuka apel sangat baik untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi. Hal tersebut cukup banyak diyakini oleh orang melalui penelitian tentang manfaat cuka apel.

·         Membantu mengurangi sengatan ubur-ubur

Bagi yang terkena sengatan ubur-ubur, cuka apel dapat membantu untuk menjadi penawar sengatan. Sel nematosis dari tentakel ubur-ubur tersebut mengandung racun yang mana dapat dihentikan kerjanya dengan menggunakan cuka apel.

Demikian tadi pengertian dan juga beberapa manfaat cuka apel yang mana baik bagi kesehatan serta pengobatan bagi tubuh.

Ketahui informasi lebih banyak seputar kesehatan melalui Ngovee. Segera download aplikasi Jovee pada Google App Store maupun Apple Store untuk mendapatkan vitamin terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *