Categories
Penyakit

Kenali Gejala Sleep Apnea Berikut

Mungkin banyak orang yang sebenarnya mengalami beberapa gejala Sleep apnea, akan tetapi tidak banyak yang menyadari hal tersebut. Jangankan untuk menyadarinya ya, tahu nama penyakit itu pun mungkin saja tidak jadi ya wajar kalau tidak mengenalinya. Namun memang sebenarnya ini adalah suatu hal yang sangatlah berbahaya dan harus disadari betul gejalanya itu seperti apa. Mari kita kenali dulu seperti apakah penyakit Sleep apnea itu dan beberapa gejalanya untuk bisa kalian sadari.

Mengenali Penyakit Sleep Apnea

Jadi penyakit Sleep apnea itu adalah salah satu penyakit yang merupakan sebuah gangguan pada tidur yang membuat orang tidak bernapas. Namun tidak bernapasnya itu bukan lama ya, jadi hanya beberapa detik saja akan tetapi terjadi beberapa kali pada saat tertidur. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan tubuh itu akan kekurangan oksigen dan membuat orang jadi terasa tetap mengantuk. Pada wanita itu bisa jadi akan menyebabkan mendengkur pada saat sedang hamil.

Penyebab Sleep Apnea

Ada beberapa penyebab dari penyakit gangguan tidur ini yang mungkin harus dipahami juga oleh banyak orang supaya bisa menghindarinya. Ada beberapa penyebab memang seperti misalnya karena mungkin kecanduan alkohol dan juga mungkin karena rokok. Selain itu faktor obesitas pun bisa menyebabkan orang mengalami Sleep apnea ini, jadi harus diwaspadai betul ya. Berikut ini beberapa faktor penyebab munculnya penyakit Sleep apnea sebelum masuk ke gejala Sleep apnea.

1. Central Sleep Apnea

Penyebab yang pertama adalah otak tidak dapat mengirimkan sinyal dengan cukup baik ke otot pernapasan, sehingga orang berhenti bernapas. Hal ini menyebabkan kontrol pernapasan jadi tidak terlalu baik dan membuat penderita berhenti bernapas untuk beberapa waktu. Penyebab ini yang menjadikan jenis Sleep Apnea yakni Central Sleep apnea.

2. Obstructive Sleep Apnea

Penyebab berikutnya adalah otot di belakang tenggorokan itu terlalu rileks, sehingga saluran pernapasan menyempit atau tertutup saat bernapas. Kondisi ini disebut Obstructive Sleep apnea yang merupakan salah satu jenis Sleep apnea. Ini akan menyebabkan penderita akan kesulitan bernapas pada saat tidur dan membuatnya kekurangan oksigen.

3. Complex Sleep Apnea

Untuk jenis Complex Sleep apnea itu adalah gabungan dari kedua penyebab sebelumnya yang mengakibatkan orang terkena Sleep apnea. Jadi apabila penyebabnya mulai dari otak tidak bisa mengirimkan sinyal ke otot pernapasan dan otot belakang tenggorokan terlalu rileks. Ini akan menimbulkan beberapa gejala Sleep apnea yang mungkin cukup jelas ya.

Gejala Penyakit Sleep Apnea

Kebanyakan orang yang mengalami penyakit Sleep apnea ini tidak akan menyadari adanya gejala dari penyakit ini. Justru yang sering menyadari hal itu adalah orang yang sedang tidur di samping penderita ataupun orang yang tidur satu kamar dengan penderita. Memang ada beberapa gejala yang mungkin muncul dari penyakit ini. Berikut beberapa di antaranya.

1. Tersengal-sengal dengan berusaha mengambil napas saat tidur

2. Terbangun dari tidur karena tercekik dan batuk-batuk

3. Mengorok dengan keras

4. Berhenti bernapas beberapa kali selama tertidur

5. Terbangun dengan mulut yang kering

6. Merasa mengantuk di siang hari

7. Sakit kepala saat bangun tidur pun bisa menjadi gejala Sleep apnea

Kalau kalian mengalami beberapa gejala di atas, maka kalian bisa mencoba konsultasi ke dokter untuk lebih jelasnya. Kalian bisa install Lifepack, karena di sana ada informasi dan bisa konsultasi ke dokter. Kalian juga bisa dapat resep obat untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *