Categories
Uncategorized

Kenali Bahaya Gadget Bagi Anak

Teknologi yang semakin berkembang membuat gadget memiliki beragam fitur salah satunya adalah permainan yang disukai oleh anak. Namun bermain game menggunakan gadget dapat menyebabkan anak sulit terlepas dari gadget. Bahaya gadget untuk anak dapat menimbulkan kecanduan hingga memperlambat tumbuh kembang pada anak.

Bahaya Penggunaan Gadget Berlebih Pada Anak

Orang tua harus mengawasi anak-anak termasuk saat anak menggunakan gadget. Hal tersebut untuk menghindari anak dari bermain gadget secara berlebihan. Anak juga harus diawasi ketika membuka aplikasi agar anak tidak membuka aplikasi terlarang di usianya. Berikut bahaya yang timbul dari penggunaan gadget bagi anak-anak yang perlu diketahui:

1. Mengganggu Pertumbuhan Otak Anak

Otak anak berkembang secara pesat saat usia 0 hingga 2 tahun, perkembangan otak yang baik dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Perkembangan otak dipengaruhi oleh stimulasi-stimulasi yang diberikan oleh orang tua dan juga lingkungan. Namun stimulasi dari gadget yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak anak.

Gadget seperti televisi, smartphone, internet dapat menyebabkan keterlambatan kognitif pada otak anak. Selain itu juga dapat membuat anak menjadi tantrum, menurunkan minat belajar anak hingga kemampuan untuk mandiri.

2. Tumbuh Kembang Anak Menjadi Lambat

Bahaya gadget untuk anak membuat tumbuh kembang menjadi lebih lambat. Hal tersebut karena gadget mempengaruhi kemampuan literasi pada anak. Sehingga anak mengalami penurunan prestasi dalam bidang akademik. Penggunaan gadget juga dapat menghambat gerak fisik sehingga menyebabkan tumbuh kembang fisik yang terlambat.

3. Obesitas

Anak yang sering bermain gadget menjadi jarang bergerak dan melatih fisiknya. Sehingga kalori dalam tumbu menumpuk yang menyebabkan terjadinya obesitas. Kasus obesitas pada anak paling banyak di sebabkan oleh penggunaan gadget yang berlebihan.

Alat elektronik yang digunakan oleh anak-anak dapat menimbulkan resiko terkena obesitas hingga 30 persen. Obesitas pada anak sangat berbahaya karena dapat menyebabkan resiko penyakit jantung dan diabetes.

4. Kurang Tidur

Pada anak usia 9 hingga 10 tahun mengalami kurang tidur akibat gadget mencapai hampir 75 persen. Hal tersebut dikarenakan anak terlalu fokus memainkan gadget dan kurangnya pengawasan dari orang tua. Bahaya gadget untuk anak menyebabkan kegelisahan pada anak sehingga anak menjadi sulit tidur. Akhirnya menyebabkan kurang tidur pada anak-anak.

Otak anak berkembang sangat baik ketika anak dalam keadaan tidur, mendapatkan cukup tidur dapat membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Sebaliknya, kurang tidur dapat berdampak negatif terhadap tumbuh kembang anak dan perkembangan otak pada anak.

Tips Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak

Orang tua dapat membantu anak-anak terhindar dari bahaya yang ditimbulkan oleh gadget. Karena orang tua memberikan peran penting dalam pengawasan terhadap anak. Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan oleh orang tua untuk mencegah anak kecanduan dari gadget.

·   Ajak anak bermain bersama baik di dalam rumah maupun di luar rumah

·   Berikan anak contoh yang baik ketika sedang bersama dengan anak seperti menghindari penggunaan gadget

·   Berikan anak-anak alat permainan yang menyenangkan sekaligus mampu melatih otak anak

·   Biarkan anak bermain bersama teman seusianya di luar rumah

·   Tanamkan kebiasaan membaca buku pada anak agar anak menyukai buku dibanding gadget

·   Batasi penggunaan gadget pada anak-anak

·   Selalu awasi ketika anak sedang menggunakan gadget

Bahaya gadget untuk anak dapat dihindari apabila orang tua lebih memperhatikan dan mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak.

Ingin tahu trik dan tips seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Jovee. Unduh melalui Playstore maupun Appstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *