Categories
Suplemen

Jenis Makanan Dengan Kandungan Vitamin Larut Dalam Lemak

Tubuh pastinya membutuhkan sekali vitamin sebab kalau tidak terpenuhi vitamin tersebut maka bisa terjadi kerusakan pada organ tubuh. untuk salah satu kelompok vitamin yang memang dibutuhkan adalah vitamin larut dalam lemak, vitamin ini bisa diperoleh dari makanan. Untuk makanan yang penuh dengan vitamin yang larut dalam lemak adalah sayuran berdaun hijau dan juga buah-buahan segar. Jadi kalau mau memenuhi kebutuhan vitamin maka harus rutin mengkonsumsi buah juga sayuran saja, hindari juga makanan cepat saji karena tidak akan menyehatkan badan malah membuat penyakit saja.

Apa Saja Jenis Vitamin Larut Dalam Lemak?

Untuk vitamin yang larutnya dalam lemak ini lebih mudah diperoleh karena banyak makanan yang mengandung vitamin tersebut. Selain itu kalau sudah masuk ke tubuh vitamin ini juga tidak langsung keluar melainkan akan disimpan terlebih dahulu. Jadi kalau tubuh sedang membutuhkan vitamin tersebut tinggal ambil saja dari cadangan.

Meskipun harus memiliki cadangan vitamin ini jangan terlalu banyak cadangannya. Sebab kalau ada banyak cadangannya malah akan berdampak buruk karena vitamin tersebut malah menyebabkan keracunan saja jadi baiknya kadarnya secukupnya saja. Untuk jenis vitamin yang masuk dalam kelompok vitamin tersebut ada di bawah ini.

·         Vitamin D

Salah satu vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin D, vitamin ini punya peranan penting bagi tubuh manusia dan peranannya adalah menjaga kesehatan tulang. Jadi tulang kalau sehat makan makanan yang banyak mengandung vitamin D saja, selain membuat tulang sehat ada juga manfaat lainnya. untuk manfaatnya adalah mengatasi permasalahan pada kulit.

Kulit kalau sampai bermasalah pastinya akan menyebabkan penyakit-penyakit lainnya sebab perlindungan paling luar tubuh manusia adalah kulit tersebut. Jadi kalau kulit ada infeksi atau rusak pasti bakteri dan virus jadi lebih mudah masuknya, makanya perlu sekali dijaga kesehatan kulit tersebut.

·         Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang sudah terkenal sekali bisa membuat mata menjadi lebih sehat, makanya anak kecil diharuskan konsumsi makanan penuh kandungan vitamin A. Jika tercukupi kebutuhan vitamin A ini akan membuat mata tidak terkena penyakit seperti katarak, jadi kalau ada yang terkena katarak bisa dikarenakan tidak terpenuhi vitamin A. Selain akan membuat mata semakin sehat juga  bisa membuat sperma menjadi lebih banyak, jadi kalau sebelumnya produksi sperma sedikit bisa banyak kalau vitamin A tercukupi.

·         Vitamin E

Untuk jenis vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin E, manfaat vitamin E ini tidak kalah banyak dari pada kedua vitamin yang sudah dijelaskan tadi. Untuk manfaatnya adalah bisa menjadi obat untuk penyakit otak, contohnya gangguan saraf otak, Alzheimer dan penyakit lainnya. Jadi kalau mau tidak ada masalah pada otak maka dari kecil penuhi saja kebutuhan vitamin E ini saja.

Berapa dosis vitamin yang larut dalam lemak?

Vitamin memang banyak sekali manfaatnya tetapi bukan berarti harus banyak karena ada dosisnya sendiri, kalau sampai melebihi dosis yang ditentukan pastinya akan berdampak buruk sekali untuk tubuh. Hal tersebut juga berlaku untuk vitamin larut lemak, untuk dosis vitamin yang larut dalam lemak adalah maksimal 1000 mg perhari. Tetapi untuk rinciannya sendiri tergantung dari jenis vitaminnya juga.

Dapatkan vitamin terbaik dari Jovee. Untuk tahu rekomendasi vitamin harian, bisa juga dengan mengunduh aplikasi Jovee. Aplikasi Jovee sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *