Categories
Penyakit

Inilah Ciri-Ciri Pengidap Penyakit Hemokromatosis!

Penderita Hemokromatosis itu mudah sekali dikenali karena ciri ciri hemokromatosis itu akan bisa diketahui tanpa harus pergi ke dokter. Salah satu cirinya sendiri adalah merasa tidak bersemangat dan juga merasa lemah, kondisi seperti itu sampai terjadi dikarenakan produksi energi menjadi terganggu sebab zat besinya terlalu banyak. Selain akan merasa lemas juga merasa nyeri pada perut, rasa nyeri ini timbul karena organ di perut itu menyimpan zat besi terlalu banyak. Kalau ada keluarga yang mengalami seperti itu sebaiknya harus diantar ke dokter saja supaya mendapatkan perawatan.

Penyakit Yang Ditimbulkan Hemokromatosis

Gejala Hemokromatosis memang mudah dikenali tetapi meskipun begitu banyak penderita Hemokromatosis yang malah menganggap remeh. Sebab dibiarkan saja juga gejalanya akan hilang jadi tidak terlalu dipikirkan. Tetapi tindakan seperti itulah yang salah karena kalau kondisi Hemokromatosis dibiarkan bisa memunculkan beberapa penyakit lain yang bisa mengancam jiwa. Makanya disarankan sekali kalau sudah merasakan gejala seperti yang disebutkan tadi harus ke dokter saja agar tidak mengalami penyakit-penyakit seperti berikut ini.

·         Kanker Kolon

Zat besi memang bagus sekali tapi kalau berlebih pastinya tidak bagus juga sebab zat besi tersebut bisa saja mengendap di usus besar. Karena adanya endapan tersebutlah yang menyebabkan reaksi Fenton menjadi tidak terkendali yang nantinya membuat terjadinya mutasi gen yang menimbulkan kanker di usus buntu. Kalau sudah terkena kanker harus rutin berobat karena sel kanker kalau sudah berkembang bisa merambat ke organ-organ penting lainnya.

·         Keracunan Zat Besi

Kalau mengalami keracunan juga bisa jadi ciri ciri Hemokromatosis, sebab kalau berlebihan zat besi pastinya akan mengalami keracunan. Biasanya kalau keracunan itu disebabkan oleh terlalu banyak makan suplemen, seharusnya tidak harus makan suplemen karena zat besi bisa diperoleh dari mengkonsumsi makanan. Kalau sudah keracunan biasanya merasa mual, sakit perut dan juga akan muntah.

·         Serangan Jantung

Jantung merupakan organ terpenting yang ada di tubuh manusia, kesehatan jantung ini harus dijaga sebaik mungkin kalau mau umurnya panjang. Salah satu cara menjaga agar jantung tetap sehat adalah kontrol kadar zat besi agar selalu normal, sebab kalau terlalu banyak akan menyebabkan disfungsi jantung dan juga keracunan. Kalau terjadi pastinya akan menyebabkan juga gagal jantung dan detak jantung menjadi tidak normal, jadi kalau jantung tidak normal bisa jadi itu ciri ciri hemokromatosis.

·         Diabetes

Selain jantung bermasalah juga bisa menyebabkan diabetes juga, jadi terkena diabetes juga tidak selalu karena keturunan atau karena terlalu banyak minum-minuman manis. Kalau diabetes maka luka di tubuh akan lebih lama sembuhnya dan inilah yang akan berbahaya sebab bagian tubuh yang luka bisa diamputasi. Karena membahayakan maka kontrol terus zat besi di dalam tubuh agar tidak terkena diabetes.

Proses Mendiagnosis Penyakit Hemokromatosis

Untuk tahu terkena Hemokromatosis atau tidak itu harus melalui tes dulu yang dilakukan dokter. Salah satu tes yang dilakukan adalah tes DNA, pemeriksaan DNA ini perlu dilakukan karena dari memeriksa DNA jadi tahu apakah ada kelainan genetik atau tidak. Sebab salah satu ciri ciri Hemokromatosis adalah salah satu anggota keluarganya ada yang menderita Hemokromatosis makanya tes tersebut itu pasti selalu dilakukan.

Ingin berkonsultasi secara mendalam dengan dokter tentang Hemokromatosis? Unduh saja aplikasi Lifepack. Aplikasi tebus resep obat, tanpa antri. Tersedia di Google Play Store juga App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *