Categories
Uncategorized

Ini Jam Tidur Ideal Yang Perlu Diketahui

Apakah Anda kerap begadang? Pada masa yang aktif ini, tampaknya sulit untuk memiliki jam tidur ideal. Meskipun kenyataannya, tidur mempunyai peran yang sangatlah penting pada kehidupan. Tubuh yang kurang beristirahat nantinya merasa kelelahan, produktivitas menurun, tingkat stres yang bertambah, bahkan hingga depresi. Akan tetapi untuk memiliki waktu tidur yang berkualitas, berapa lama dan dari jam berapa kita harus sudah memejamkan mata?

Tubuh Menyesuaikan Waktu Tidur Sesuai Aktivitas

Tubuh manusia dapat menyesuaikan waktu siang dan malam guna menentukan pola tidur. Bila Anda beraktivitas ketika matahari bersinar dan beristirahat ketika langit gelap dihiasi bintang dan bulan, maka waktu tidur ideal Anda sekitar jam 10 malam dengan waktu bangun jam 6 pagi.

Mungkin waktu tidur ideal manusia mulai dari jam 10 malam dan bangun jam 6 pagi. Akan tetapi bahkan beberapa ahli menyarankan agar mulai tidur dari jam 8 malam. Bila waktu tidur sekitar jam 8 malam sampai jam 12 malam, maka nantinya Anda memperoleh tidur yang berkualitas dan mimpi indah. Jam tidur ideal pada malam hari juga membuat Anda tak akan merasa perlu untuk tidur siang.

Buat dan Patuhi Jadwal Tidur Anda Sendiri

Menurut para ahli, setiap orang dapat memiliki waktu memulai tidur yang berbeda, contohnya tak selalu sesuai untuk tidur di jam 10 malam. Anda dapat membuat jadwal tidur yang disesuaikan dengan kesibukan atau rutinitas harian yang tengah dikerjakan, asalkan mencukupi kebutuhan waktu istirahat untuk orang dewasa yaitu 7-9 jam.

Tidur melebih jam 12 malam bisa menimbulkan efek yang buruk untuk kesehatan. Bila senang begadang atau tidur lebih dari jam 12 malam, maka kebiasaan ini nantinya memberikan akibat yang buruk bagi kesehatan.

Bangun lebih siang dari biasanya bisa meningkatkan resiko perilaku depresi, bulimia, dan seasonal affective disorder (SAD). Pada satu penelitian terhadap para pekerja di negara Jepang menemukan bahwa tidur yang terlalu larut mempunyai hubungan signifikan dengan prevalensi tinggi terhadap gejala depresi.

Jam tidur ideal adalah saat bisa bangun lebih pagi, sebab bisa memberikan manfaat positif bagi tubuh. Penelitian menyatakan bahwa bangun pagi membantu seseorang merasa lebih proaktif dan positif. Tubuh yang segar tentunya membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hari.

Mempunyai pola tidur konsisten sangatlah penting untuk Anda lakukan sebab bisa berpengaruh pada kesehatan mental, contohnya selalu tidur jam 10 malam dan bangun jam 5 pagi. Riset yang meneliti pola tidur pada siswa sekola menemukan bahwa siswa dengan jadwal istirahat teratur mempunyai prestasi akademik yang lebih baik, daripada mereka yang istirahatnya tak teratur.

Sangatlah memungkinkan bila kegiatan atau pekerjaan dapat mengganggu jadwal tidur, bahkan mengurangi waktu beristirahat. Bila kondisi ini terjadi, Anda perlu menyiasatinya dengan meluangkan waktu singkat untuk tidur siang saat jam kerja. Setelah normal, perbaiki lagi waktu tidur Anda.

Umumnya orang dewasa memerlukan tidur selama 8 jam. Akan tetapi, hal ini berbeda untuk setiap orang. Sebagian bisa cukup dengan tidur selama 6-7 jam, sedangkan lainnya tetap butuh 8 jam. Di kelompok usia anak-anak dan lanjut usia tentu berbeda. Ayo mulai tentukan jam tidur ideal dan jalani dengan teratur agar lebih bersemangat.

Kami menyediakan berbagai paket suplemen dengan harga menarik. Lihat sekarang di aplikasi Jovee. Unduh di Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *