Categories
Uncategorized

Informasi Lengkap Hormon Testosteron Pria

Hormon testosteron pria itu memang selalu sangat identik dengan pria saja, dan sampai sekarang banyak yang kurang paham mengenai hormon ini. Ini memang adalah hormon yang sangat penting bagi tubuh, dan sangat penting untuk menjaga kadar hormon itu tetap stabil. Nah berikut ini kami akan jelaskan beberapa informasi fakta mengenai hormon testosteron ini.

Mengenali Hormon Testosteron

Banyak sekali pengertian yang masih salah mengenai hormon testosteron ini di masyarakat dan juga mengenai fungsi dari hormon tersebut. Hormon testosteron itu adalah hormon pria yang mempengaruhi libido, pembentukan massa otot, dan juga ketahanan tingkat energi. Perubahan karakteristik seks sekunder pada pria seperti pubertas dan perubahan suara juga karena hormon ini.

Fungsi Hormon Testosteron

Mengenai fungsi dari hormon ini sebenarnya cukup banyak, dan hormon ini pun tidak hanya dimiliki oleh pria saja loh. Hormon ini juga terdapat pada tubuh wanita, namun tentunya memang memiliki fungsi yang hampir sama namun tidak semua. Berikut ini beberapa fungsi dari hormon tersebut yang mungkin masih banyak di salah pahami.

1.     Perkembangan penis dan testis

2.     Munculnya rambut pada wajah dan juga pada bagian kemaluan

3.     Ukuran dan kekuatan otot

4.     Pendalaman suara saat pubertas

5.     Pertumbuhan dan kekuatan tulang

6.     Dorongan Seksual baik pada pria maupun pada wanita

7.     Produksi sperma menjadi fungsi hormon testosteron pria

Kelebihan Dan Kekurangan Hormon Testosteron

Kadar hormon testosteron itu sendiri harus dijaga tetap stabil di dalam tubuh, karena akan berdampak negatif bila tidak stabil. Mau itu berlebih ataupun kurang sama-sama memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh manusia itu sendiri. Berikut ini beberapa dampak kelebihan hormon testosteron.

1.     Mendorong perilaku menyimpang pada pria yang bisa berujung pada tindakan kriminal

2.     Pada pria ada kecenderungan untuk mengonsumsi alkohol dan juga merokok

3.     Kemungkinan terjadi cedera karena perilaku impulsif

4.     Bisa menimbulkan kebotakan pada pria

5.     Pada wanita ada kemungkinan akan muncul rambut berlebih pada tubuh

6.     Siklus menstruasi jadi tidak teratur

Kekurangan hormon testosteron

1.     Berkurangnya rambut pada tubuh

2.     Tulang menjadi rapuh

3.     Berkurangnya kekuatan dan juga massa otot

4.     Meningkatkan lemak dan kolesterol

5.     Penurunan rasa percaya diri dan depresi bisa menjadi tanda kekurangan hormon testosteron pria

6.     Terjadi gangguan tidur

7.     Pada wanita akan mengurangi libido

Cara Untuk Menjaga Hormon Testosteron Tetap Stabil

Melihat dari dampak tidak stabilnya hormon testosteron tentu saja akan membuat banyak masalah bagi tubuh kita. Oleh karena itulah kita sangat memerlukan beberapa tindakan untuk bisa menjaga kadar hormon tersebut tetap stabil. Ada beberapa cara memang yang bisa kita pakai untuk bisa menjaga kadar hormon ini bisa tetap stabil.

Salah satu cara yang bisa dipakai dan paling aman sebenarnya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Mengonsumsi makanan yang sehat dan juga seimbang menjadi salah satu cara paling mudah menjaga kadar hormon testosteron pria tetap stabil. Selain itu juga olahraga menjadi salah satu pilihan cara yang bisa digunakan.

Bila memang diperlukan bisa menggunakan terapi hormon, namun tentunya harus atas rekomendasi dokter ya. Karena ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan.

Perihal hormon ini mungkin sepele akan tetapi sangat penting untuk diketahui, dan info kesehatan seperti itu bisa kita dapatkan di Ngovee. Di sana informasinya itu sangat lengkap loh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *