Categories
Obat

Fluocinolone Acetonide Obat Apa? Simak Penjelasannya

Fluocinolone Acetonide Obat Apa

Tubuh bagian luar rentan mengalami luka. Baik itu karena adanya gangguan dari benda asing seperti penyebab penyakit ataupun karena luka karena ulah sendiri. Oleh karena itu, sebelum kulit mengalami masalah yang lebih serius, Anda bisa menggunakan obat yang mengandung fluocinolone acetonide. Jika Anda masih penasaran fluocinolone acetonide obat apa? Maka Anda bisa menyimak informasi berikut ini.

Fungsi Fluocinolone Acetonide

Fluocinolone Acetonide adalah senyawa dalam obat yang digunakan untuk  meredakan gatal, bengkak, dan kemerahan di kulit yang disebabkan oleh psoriasis, eksim, atau dermatitis. Pada umumya, bentuk kemasanan obat yang mengandung senyawa ini adalah krim, gel, dan salep. Adapun cara kerja dari senyawa ini adalah dengan cara mengurangi produksi prostaglandin dan leukotrien di dalam tubuh yang memicu peradangan. Oleh karena itu, kulit Anda yang mengalami peradangan cepat membaik dengan obat yang mengandung senyawa ini.

Dosis atau Aturan Pemakaian

Fluocinolone Acetonide yang termasuk ke dalam kategori obat kortikosteroid ini, dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Penggunaan pada orang dewasa dosis yang dianjurkan adalah 3 sampai 4 kali sehari. Dosis pada anak umur 1 tahun ke atas adalah 2 sampai 4 kali sehari sedangkan pada anak umur 2 tahun ke atas adalah 2 kali sehari selama tidak lebih dari 4 minggu. Bisa juga dengan ketentuan dokter dan kondisi anak itu sendiri.

Peringatan Sebelum Menggunakan Obat

Sebelum melakukan perawatan pada kulit, Anda bisa menanyakan fluocinolone acetonide obat apa dan kontraindikasinya pada petugas medis atau apoteker. Pasalnya, obat ini termasuk obat keras yang bisa didapatkan dengan resep dokter. Adapun peringatan sebelum Anda menggunakan obat ini adalah sebagai berikut.

  • Hindari penggunaan fluocinolone apabila Anda alergi terhadap kandungan ini.
  • Hindari pemakaian pada areaterbuka seperti mata, hidung, mulut, ketiak, atau selangkangan, kecuali atas saran dokter. Apabila Anda tidak sengaja mengenai area tersebut, segera bilas dengan air sampai bersih.
  • Hindari menutup atau membalut area kulit yang telah dioleskan fluocinolone, kecuali atas saran dokter.
  • Konsultasikan kondisi Anda terutama bagi Anda yang memilki kondisi medis tertentu. Misalnya sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan, mengalami penyakit infeksi, gangguan sistem imun, gangguan sirkulasi darah, sindrom cushing, atau diabetes.

Efek Samping

Pada sebagian orang, fluocinolone acetonidedapat menimbulkan beberapa efek samping  bahkan dalam penggunaan jangka lama dapat mengakibatkan jerawat, folikulitis, kulit kering dan berubah warna, memar, guratan di kulit atau stretch marks. Selain itu juga bisa menyababkan gatal, kemerahan, iritasi, atau rasa seperti terbakar pada kulit.

Cara Penyimpanan Obat

Beberapa merek obat memiliki cara penyimpanannya sendiri-sendiri. Namun, pada umumnya obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Selain itu jauhkan dari cahaya matahari langsung dan tempat yang lembap. Usahakan juga jangan menyimpan obat ini di kamar mandi dan jangan dibekukan serta jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Itulah beberapa informasi mengenai penangan kulit yang mengalami iritasi atau luka yang bisa Anda sembuhkan dengan fluocinolone acetonide. Sebelum Anda menggunakan obat kortikosteroid ini, lebih baik Anda mengonsultasikannya dengan dokter terutama bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu. Apabila Anda masih ingin tahu fluocinolone acetonide obat apa? Anda bisa langsung berkonsultasi langsung dengan dokter atau tenaga medis terpercaya.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Anda juga bisa mengetahui info kesehatan terpercaya dengan mendaftarkan email anda di Ngovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *