Categories
Penyakit

Emfisema adalah Penyakit Jangka Panjang, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Emfisema adalah

Emfisema adalah penyakit progresif jangka panjang yang menyerang paru-paru. Emfisema termasuk ke penyakit paru-paru obstruktif kronis karena merusak jaringan paru-paru. Kondisi ini menyebabkan bentuk fisik paru-paru tidak normal sehingga udara yang masuk dan keluar dari paru-paru tidak maksimal. Berikut hal penting yang harus diketahui seputar penyakit emfisema.

Gejala Emfisema

Pada dasarnya penyakit emfisema tidak menimbulkan gejala. Namun biasanya penderitanya akan mengalami keluhan seperti nafas menjadi pendek, cepat lelah, batuk, penurunan berat badan secara drastis, bibir dan kuku menjadi biru jantung berdebar hingga depresi.

Perkembangan penyakit emfisema juga dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Jadi gejala emfisema yang signifikan hanya baru bisa dirasakan ketika usia sudah menginjak angka 40 hingga 60 tahun. Jadi penting bagi anda untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki faktor risiko penyakit emfisema.

Penyebab Emfisema

Penyebab utama emfisema adalah paparan zat di udara yang mengiritasi organ paru-paru dalam jangka waktu yang panjang. Zat yang bisa menyebabkan iritasi antara lain seperti asap rokok, polusi udara, dan asap atau debu dari bahan kimia. Emfisema juga banyak dialami oleh perokok,  baik itu Perokok pasif maupun aktif yang sudah terpapar asap rokok dalam waktu yang lama.

Selain paparan zat yang bisa menyebabkan iritasi, emfisema juga bisa terjadi karena kelainan genetik. Misalnya saja defisiensi alfa 1 antitrypsin. Kondisi ini terjadi karena kekurangan protein yang berfungsi melindungi struktur elastisitas paru-paru dalam tubuh. Meski demikian hal yang satu ini terbilang cukup jarang terjadi.

Paparan asap rokok akan menghancurkan jaringan paru-paru yang bisa menimbulkan obstruksi. Selain itu asap rokok juga bisa menyebabkan peradangan dan iritasi saluran pernafasan yang akan memperburuk emfisema. Bahkan asap rokok juga akan melemahkan sel kekebalan sehingga paru-paru tidak mampu membersihkan diri dari partikel-partikel yang terkandung dalam asap rokok.

Diagnosis Emfisema

Proses pemeriksaan emfisema akan dimulai ketika dokter menanyakan riwayat dan kebiasaan pasien. Terutama kebiasaan merokok dan kondisi lingkungan rumah atau pekerjaan.  Setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan fisik khusus terkait dengan kondisi paru-paru untuk memastikan diagnosis. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan guna memperkuat diagnosis.

Pengobatan Emfisema

Sebelum memulai pengobatan, dokter akan menyarankan semua penderitanya untuk berhenti merokok. Sebab kebiasaan buruk yang satu ini hanya akan memperparah kondisi emfisema yang diderita. Terlebih lagi penyakit emfisema tidak bisa disembuhkan. Pengobatannya hanya bermanfaat untuk meringankan gejala yang dirasakan dan memperlambat perkembangan penyakit.

Pengobatan yang bisa dilakukan antara lain dengan menggunakan obat-obatan, terapi pendukung, dan operasi. Selain ketiga hal tersebut pasien juga harus melakukan upaya untuk membantu memperlambat perkembangan emfisema dan mencegah komplikasi. Misalnya saja menghentikan kebiasaan merokok, menghindari polusi udara dan asap, berolahraga, dan vaksinasi.

Komplikasi Emfisema

Dalam kasus yang parah penyakit emfisema juga bisa menyebabkan komplikasi. Beberapa komplikasi yang umum diderita oleh penderita emfisema antara lain seperti pneumothorax, hipertensi pulmonal, hingga gagal jantung. Jadi penting bagi anda untuk melakukan upaya pengobatan agar penyakit emfisema tidak terus berkembang semakin parah.

Itu dia beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan seputar penyakit emfisema. Mengingat emfisema adalah penyakit yang tak bisa disembuhkan, penting bagi anda untuk untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah penyakit yang satu ini. Selain itu pastikan untuk mulai berhenti merokok agar terhindar dari emfisema saat sudah lanjut usia.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *