Categories
Obat

Efek Samping Penggunaan Amiodaron

Amiodaron adalah obat yang biasa digunakan untuk membuat detak jantung yang tidak teratur menjadi kembali normal. Obat ini akan mengalangi aliran listrik yang ada di daerah sekitar jantung sehingga nantinya detak jantung yang tidak teratur akan kembali normal. Sejauh ini ada beberapa. Efek samping amiodaron dirasakan oleh masyarakat. Mari kita pahami mengenai beberapa efek samping dari obat ini melalui penjelasan berikut ini.

Efek Samping Dari Amiodaron

Ada beberapa efek samping yang pernah dirasakan oleh masyarakat ketika mereka sedang menggunakan amiodaron yaitu :

·         Pusing Kepala

Beberapa orang mengalami pusing kepala akibat menggunakan amiodaron. Biasanya pusing kepala ini akan hilang ketika sudah istirahat sebentar atau tidur.

·         Susah Buang Air Besar

Setelah mengkonsumsi amiodaron ada orang-orang yang ternyata mengalami susah buang air besar.

·         Sulit Tidur

Setelah mengkonsumsi amiodaron ada orang-orang yang ternyata mengalami gangguan ketika hendak tidur. Mereka menjadi sulit untuk tidur walaupun sedang dalam keadaan mengantuk.

·         Sakit Kepala

Ada orang-orang yang mengalami sakit kepala sesaat setelah menggunakan amiodaron untuk pengobatan.

Itulah beberapa efek samping amiodaron yang perlu kamu ketahui. Tentunya kamu harus benar-benar memperhatikan dosis dan petunjuk dokter supaya efek samping ini bisa kamu hindari. Selanjutnya mari kita pahami dosis penggunaan amiodaron.

Dosis Dari Amiodaron

Berikut ini adalah dosis untuk penggunaan amiodaron tablet dan juga amiodaron suntik :

1. Dosis Amiodaron Suntik

·         Pulseless Vetricular Tachycardia (VT)

Dosis dari Pulseless Vetricular Tachycardia (VT) untuk orang yang sudah dewasa adalah sebesar 300 mg atau 50 mg untuk setiap 10kg dari berat badan orang yang menggunakan amiodaron. Dosis lanjutan dari Pulseless Vetricular Tachycardia (VT) adalah sebesar 150 mg atau 25 mg untuk setiap 10kg dari berat badan orang yang menggunakan amiodaron. Jika obat ini digunakan untuk orang lanjut usia, maka dosisnya adalah dosis orang dewasa yang diturunkan. Hal ini harus diperhatikan supaya nantinya risiko munculnya efek samping amiodaron bisa diminimalisir.

·         Aritmia ventrikel

Dosis penggunaan aritmia ventrikel untuk orang dewasa adalah sebanyak 50 mg untuk setiap 10kg dari berat badan orang yang menggunakan amiodaron dengan durasi selama 20 menit hingga 2 jam. Pengulangan diizinkan dengan batas maksimal sebesar 1200 mg untuk satu harinya. Jika obat ini digunakan untuk orang lanjut usia, maka dosisnya adalah dosis orang dewasa yang diturunkan.

2. Dosis Amiodaron Tablet

Hanya ada satu jenis amiodaron yang berbentuk tablet yaitu aritmia ventrikel. Dosis awal dari aritmia ventrikel yang akan digunakan untuk orang dewasa adalah sebesar 200 mg. Obat ini diminum secara teratur selama 7 hari dengan aturan minum 3 kali sehari. Dosis lanjutan dari aritmia ventrikel yang akan digunakan untuk orang dewasa adalah sebesar 200 mg. Obat ini diminum secara teratur selama 7 hari dengan aturan minum 2 kali sehari.

Dosis pemeliharaan dari aritmia ventrikel yang akan digunakan untuk orang dewasa adalah sebanyak 200 mg. Obat ini diminum secara teratur selama 7 hari dengan aturan minum 1 kali sehari. Jika penggunaan aritmia ventrikel ditujukan untuk orang lanjut usia, maka dosisnya adalah dosis orang dewasa yang diturunkan. Pastikan kamu memperhatikan dosis ini supaya terhindar dari efek samping amiodaron.

Kamu membutuhkan konsultasi kesehatan yang komplit? Unduh aplikasi Lifepack. Kamu bisa menebus resep obat di Lifepack sehingga tidak perlu lagi repot-repot antri. Aplikasi ini sudah ada di Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *