Categories
Kesehatan Obat

Efek Samping Cataflam yang Mungkin Terjadi

efek samping cataflam

Mengonsumsi cataflam secara teratur dan berkelanjutan juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Obat yang diresepkan oleh dokter dan dikonsumsi dengan benar memiliki manfaat yang lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Namun, Anda tetap perlu mengetahui efek samping cataflam yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi cataflam.

Tekanan Darah Tinggi 

Salah satu efek samping konsumsi cataflam yang berkepanjangan mempunyai resiko untuk menyebabkan tekanan darah tinggi. Sehingga memerlukan diagnosa dari dokter harus segera dilaksanakan. Ada baiknya juga Anda mengetahui berbagai gejala yang menyertainya. Seperti kenaikan berat badan, pembengkakan pada kaki dan tangan, serta perubahan pendengaran. 

Masalah Ginjal

Efek samping cataflam lainnya, jika dikonsumsi secara berlebihan juga bisa berpengaruh dengan kesehatan ginjal. Gejala umum yang bisa Anda rasakan adalah leher akan terasa kaku dan tidak bisa untuk dijelaskan, dan juga adanya perubahan jumlah urine. Ketika gejala tersebut sudah terjadi, segeralah untuk periksa ke dokter untuk memperoleh bantuan medis.  

Penyakit Hati

Cataflam juga mempunyai efek samping untuk masalah penyakit hati yang serius walaupun sangat jarang terjadi. Akan tetapi, segeralah untuk periksa ke dokter jika ada gejala-gejala seperti mual dan muntah, sakit perut, kehilangan nafsu makan secara terus-menerus, nyeri ulu hati, mata atau kulit menguning dan juga urine berwarna gelap. 

Reaksi Alergi

Reaksi alergi juga dapat dipandang sebagai efek samping mengonsumsi obat cataflam. Beberapa gejala alergi seperti ruam, pusing parah bengkak atau gatal, dan juga kesulitan bernapas. Beberapa efek umum lainnya dari mengonsumsi cataflam termasuk kembung, terbakar, kram, urin keruh, sembelit, dan penurunan kemampuan berkonsentrasi. 

Orang yang memakai obat ini juga bisa kehilangan nafsu makan, nyeri di daerah dada bagian bawah, perdarahan, dan penurunan berat badan.Selain itu, obat ini bisa membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Karenanya, hindari sinar matahari langsung dengan mengoleskan tabir surya dan mengenakan pakaian yang tertutup saat Anda keluar rumah.

Efek Samping Lain

Selain efek samping diatas, ada juga efek samping lain yang sering terjadi untuk beberapa orang yang terlalu sering mengonsumsi obat cataflam. Adapun gejala umum yang sering terjadi setelah mengonsumsi cataflam sebagai berikut : sakit perut, refluks asam lambung, diare, sendawa, sembelit, mengantuk dan juga pusing. 

Walaupun gejala ringan, jika tidak kunjung mendingan dan semakin memburuk. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Selain itu ada juga efek samping yang lebih serius dan memerlukan penanganan dari tenaga medis. Diantaranya sebagai berikut : pembengkakan pada kaki maupun tangan (Edema), perubahan suasana hati, nyeri dada dan juga masalah penglihatan.

Obat ini juga bisa membuat Anda merasa mengantuk dan pusing, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk Anda dengan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti mengemudi, dan juga membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Orang tua juga lebih rentan terhadap efek samping dari obat cataflam, sehingga penggunaannya harus diawasi sepenuhnya oleh dokter.

Anda tidak boleh mengonsumsi obat ini jika Anda alergi terhadap obat yang mengandung kalium diklofenak, aspirin, atau NSAID lainnya. Selain itu juga, hindari saat Anda sudah mengonsumsi vitamin, suplemen dan produk obat lain yang kemungkinan saling kontradiksi dengan senyawa yang terkandung dalam obat cataflam. 

Perlu diingat juga kalau tidak semua orang mengalami efek samping saat minum obat ini. Mungkin juga ada efek samping yang belum disebutkan di atas. Akan tetapi akan lebih aman jika Anda senantiasa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu baik secara rutin maupun dalam waktu tertentu saja, untuk meminimalisir efek samping cataflam

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *