Categories
Obat

Dosis Dexamethasone yang Dianjurkan untuk Pasien Corona

Dosis Dexamethasone

Dexamethasone sempat menjadi perbincangan karena diklaim bisa mengatasi virus Corona. Bisa dibilang pernyataan tersebut kurang tepat. Sebab, Dexamethasone hanya mengurangi resiko kematian saja. Kegunaan sebenarnya dari obat ini adalah untuk mengatasi inflamasi dan penyakit autoimun. Agar tidak overdosis, Anda harus mengikuti dosis Dexamethasone yang dianjurkan.

Dosis Anjuran Dexamethasone

Sebenarnya setiap dosis Dexamethasone, bentuk obat yang Anda gunakan, seberapa sering anda harus meminum obat ini tergantung dari beberapa faktor, diantaranya: Usia, jenis penyakit, seberapa buruk kesehatan Anda, dan jenis obat lain yang Anda minum. Untuk itu, berikut ini beberapa anjuran dosis Dexamethasone berdasarkan kondisi dan penyakit.

1. Dosis Anti Inflamasi untuk Dewasa

Dosis awal yang digunakan untuk mengatasi inflamasi adalah 0,75-9 mg setiap hari. Sedangkan untuk dosis pemeliharaan, setelah ada indikasi membaik, Anda harus mengurangi dosisnya secara berkala sampai dosis terendah. Apabila tidak ada kemajuan, Anda harus melakukan terapi alternatif.

2. Dosis Edema Serebral untuk Dewasa

Dosis awal yang digunakan adalah 10 mg IV, kemudian dilanjutkan dengan 4 mg IM untuk setiap 6 jam. Sampai hasil positif diperoleh. 2 sampai 4 hari kemudian, Anda harus mengurangi dosis dan setelah hari ke 5 hingga 7, pemberian Dexamethasone harus sudah dihentikan.

3. Dosis Reaksi Alergi untuk Dewasa

Dosis pertama yang harus diberikan untuk mengatasi reaksi alergi adalah 4 sampai 8 mg sehari. Untuk hari kedua dan ketiga, dosis harus segera dikurangi hingga 1,5 mg sehari untuk 2 kali konsumsi. Pada hari keempat dosis kembali dikurangi lagi menjadi 0,75 mg untuk 2 kali konsumsi dalam sehari. Terakhir, untuk hari kelima, dosisnya hanya 0,75 mg sehari.

4. Dosis Osteoartritis untuk Dewasa

Untuk bisa mengatasi osteoarthritis, ada beberapa dosis yang dianjurkan sesuai dengan letak persendian yang sakit. Jika artritis pada sendi besar dan Bursa, konsumsi 2-4 mg perhari. Sedangkan untuk mengatasi artritis pada sendi kecil dan selubung tendon, konsumsi 0,4 hingga 1 mg setiap hari.

Konsumsi Dexamethasone yang tidak Sesuai Dosis

Karena Dexamethasone adalah obat dengan resep dokter, obat ini tidak boleh dikonsumsi dalam dosis di luar dosis. Beberapa gejala yang menunjukkan overdosis deksametason adalah detak jantung yang tidak normal. Serangan jantung dan reaksi alergi yang berlebihan dengan kesulitan bernapas dan pembengkakan tenggorokan atau lidah.

Sementara itu, jika Anda melewatkan dosis Anda karena tidak meminumnya tepat waktu, lebih baik menunggu untuk mengkonsumsi dosis berikutnya sesuai resep. Anda bahkan tidak boleh mengambil dosis ganda karena berbahaya dan dapat menyebabkan efek samping dari obat yang berlebihan. Dan jika gejala Anda mulai membaik, berarti pengobatan Anda berhasil.

Interaksi dengan Obat Lain

Dexamethasone adalah obat yang dapat menimbulkan interaksi atau reaksi bila dicampur dengan obat lain. Hal ini dapat menyebabkan efek samping atau masalah kesehatan yang jauh lebih buruk dari yang seharusnya. Sebaiknya diskusikan dulu jenis obat yang rutin dikonsumsi sebelum memulai penggunaan Dexamethasone.

Dengan cara ini, dokter dapat menentukan apakah suatu obat aman untuk dikonsumsi pasien. Secara umum, beberapa jenis pengobatan yang dapat membuat Dexamethasone menjadi kurang efektif antara lain: Rifampisin, Fenitoin, Obat bius tidur, Efedrin, dan Karbamazepin.

Interaksi Dexamethasone dengan obat jenis diuretik juga dapat menyebabkan hipokalemia. Pendarahan juga terjadi ketika obat ini berinteraksi dengan obat yang mengandung warfarin. Jadi bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah ada bahan dalam obat yang sudah biasa Anda konsumsi agar tidak berinteraksi dengan obat ini.

Dengan mengikuti anjuran konsumsi dosis Dexamethasone yang sudah dijelaskan di atas. Kemungkinan Anda overdosis obat Dexamethasone akan semakin berkurang. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *