Categories
Obat

Domperidone Syrup, Manfaat Dosis dan Efek Samping

Domperidone Syrup

Mungkin kita pernah mendengar obat bernama domperidone syrup. Tetapi untuk masalah penggunaannya serta apa manfaatnya pasti kita masih awam terhadap hal itu. Akan sangat berguna apabila kita mengetahui apa manfaat dari obat tersebut. Maka dari itulah kita perlu mencari tahu apakah yang berguna dari obat ini.

Penggunaan Obat

Domperidone digunakan untuk memacu pergerakan dari otot digesti terutama otot perut dan juga usus. biasanya obat ini digunakan untuk mengatasi mual dan muntah. pasien yang mengalami mual dan muntah memang harus segera disembuhkan karena jika tidak akan mengganggu cara pasien mengkonsumsi obat ataupun makanan. Memang terlihat seperti hal kecil padahal itu penting.

Penggunaan obat ini tentu tidak sembarangan. Anda memerlukan resep dokter dan juga dokter yang mengetahui dosis yang tepat untuk memberikan obat ini kepada Anda. Kebanyakan dari kita ingin cepat sembuh dan memakan obat ini sebanyak mungkin padahal itu tidak bagus. Efeknya bisa malah menimbulkan masalah lain yang baru untuk kita.

Efek Samping

Bentuknya beberapa obat memiliki efek samping yang menimbulkan sesuatu. Untuk obat jenis ini kemungkinan efek sampingnya adalah alergi apabila anda memiliki alergi obat pada domperidone. Apabila tidak maka tingkat khawatir akan bisa dikurangi. Apabila seseorang memiliki alergi terhadap saat ini maka sangat direkomendasikan untuk mengganti obat.

Akan tetapi ketika anda mengkonsumsinya terlalu banyak akan muncul efek samping yang sangat mengerikan seperti detak jantung tidak beraturan, susah bicara, pusing hingga kehilangan keseimbangan. hal tersebut akan terjadi apabila anda tidak mengikuti dosis atau saran dari dokter. Sangat penting bagi kita untuk mengikuti apa kata dokter karena mereka yang lebih tahu.

Interaksi Obat

Domperidone memiliki beberapa syarat untuk sebelum dikonsumsi. salah satunya adalah Anda tidak mengkonsumsi obat yang mungkin berinteraksi dengan obat ini. Ada banyak obat yang memungkinkan interaksi dengan domperidone. Maka dari itulah anda perlu melakukan konsultasi terhadap dokter Anda sebelum anda meminum obat ini.

Biasanya dokter telah menanyakan apakah anda mengkonsumsi obat lain atau tidak. Ada kemungkinan interaksi obat ini memicu munculnya efek samping berlebihan atau overdosis. Hal itulah yang ingin dihindari apabila anda mengkonsumsi obat domperidone. Ketika kita tidak mematuhi dosis jadi dokter maka bisa jadi itu menjadi sebuah bahaya.

Dosis

Pemberian obat domperidone syrup tentu tidak sama setiap pasien. Biasanya setiap pasien memiliki kadar khusus karena ditimbang melalui berat badan mereka. Kita perlu mempertimbangkan jenis kelamin, kondisi kesehatan hingga usia pasien. Tidak ada patokan resmi yang bisa diberikan kepada pasien selain menggunakan perhitungan tadi.

Maka dari itulah kita lebih baik menyerahkan ini semua kepada dokter. Seorang dokter akan memberikan dosis yang tepat bagi kita, dengan mempertimbangkan segala kemungkinan serta alergi dan interaksi obat yang mungkin terjadi. Hal itu sangat penting karena kita tidak bisa menghitung dosis sendiri serta kita akan dapat menghindari interaksi antar obat.

Apabila anda mengalami mual dan muntah tidak harus diberikan domperidone. obat ini memang tidak selalu diberikan kepada seorang pasien apalagi jika pasien tersebut memiliki latar belakang yang tidak bisa mengkonsumsi obat ini. Beberapa kasus seperti penyakit jantung emang kurang disarankan untuk mengkonsumsi obat ini.

Namun apabila dilakukan pada dosis yang tepat makan obat ini masih bisa diberikan. Mencari dosis yang tepat memang tidaklah mudah hanya seorang ahli seperti dokter yang bisa memberikan perhitungan secara persisi seperti itu. Domperidone syrup memiliki banyak manfaat namun tidak bisa dikonsumsi secara asal-asalan.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *