Categories
Uncategorized

Dibalik Rasa Pahit Pare Menyimpan Banyak Manfaat

Mungkin bisa dipahami dengan baik jika ada beberapa di antara Kita yang enggan menyantap sayur pare karena rasa pahit yang dimilikinya. Padahal kegunaan pare sangat banyak. Bahkan pare termasuk sayuran yang mengandung gizi dan nutrisi yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Meski begitu konsumsi pare disarankan secukupnya saja dan tak berlebihan. Karena jika berlebihan bisa menyebabkan banyak  gangguan kesehatan tubuh yang merugikan Anda.

Aneka Kegunaan Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Anda bisa mengolah pare menjadi aneka jenis masakan yang menurut Anda nikmat dan lezat. Banyak yang kemudian mengolahnya dengan berbagai bahan masakan tambahan atau dengan bumbu masak yang kuat untuk menetralisir rasa pahit yang dirasa dari pare. Lalu apa saja manfaat atau kegunaan dari sayur pare tersebut. Simak informasinya berikut ini.

 1.  Obat demam

Sayur pare adalah satu jenis sayuran yang mengandung senyawa kimia momordisin yang berfungsi untuk obat penurun panas yang dipakai masyarakat sejak zaman dahulu. Ini menjadi kegunaan pare yang pertama yang masih dipakai oleh masyarakat hingga saat ini.

 2.  Meningkatkan kekebalan tubuh

Sayuran pare memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga kemudian sayur pare dikenal sebagai satu jenis sayuran yang memiliki khasiat anti diabetes, anti kanker dan anti HIV. Beberapa produsen obat juga ada yang menggunakannya untuk melengkapi khasiat obat terhadap beberapa jenis penyakit tertentu.

 3.  Kesehatan ibu pasca melahirkan

Dan sayur pare bisa digunakan untuk masa nifas karena bisa membantu melancarkan pengeluaran darah nifas sehingga bisa lebih cepat selesai. Sayur pare bisa juga membantu  melancarkan ASI pada ibu menyusui.

 4.  Melancarkan haid

Kegunaan selanjutnya dari sayur pare adalah untuk membantu melancarkan haid pada wanita. Apalagi jika mengalami sakit saat haid atau terlambat datang haid.

 5.  Obat cacing

Kemudian kegunaan pare yang terakhir adalah untuk membantu mengobati kondisi cacingan khususnya pada anak-anak.

Ketahui Resiko Konsumsi Pare Secara Berlebihan Pada Kesehatan

Namun meski sayur pare bisa memberikan banyak manfaat, ternyata konsumsi  sayur pare berlebihan bisa memberikan dampak buruk. Seperti misalnya pada laki-laki, bisa merusak buah zakar, mematikan sperma, merusak keseimbangan hormon pria dan merusak liver.

Dampak selanjutnya adalah bisa beresiko alami keracunan. Yang ditandai dengan munculnya sakit kepala, mual dan muntah, sakit perut serta diare. Sebaiknya hindari konsumsi biji pare karena beresiko menyebabkan demam, sakit kepala, diare hingga yang paling fatal adalah koma.

Konsumsi pare secara berlebihan juga tak dianjurkan pada ibu hamil. Karena bisa memicu peningkatan aliran darah menstruasi. Selain itu juga bisa memicu terjadinya kontraksi pada ibu hamil.

Jika Anda mengkonsumsi pare bersamaan dengan obat diabetes atau lainnya bisa menyebabkan kinerja obat diabetes tak maksimal bahkan beresiko tinggi untuk penderita diabetes  yang konsumsi obat tertentu.

Dan konsumsi pare berlebihan bisa menyebabkan irama jantung yang tak beraturan. Sehingga sangat disarankan untuk bisa konsumsi dalam jumlah wajar. Konsumsi 3 buah pare dalam sehari atau konsumsi segelas jus pare setiap hari dalam jangka panjang sudah bisa dikategorikan berlebihan meski untuk dapatkan kegunaan pare.

Usahakan untuk tak ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak ulasan lengkapnya hanya di Jovee. Download aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi obat dan vitamin sekarang juga. Beli vitamin terbaik dan berkualitas  hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *