Categories
Obat

CoQ10 adalah Obat untuk Program Kehamilan, Berikut Penjelasannya

Coq10 adalah

Coenzyme Q10 atau CoQ10 adalah senyawa yang ditemukan pada sel yang ada di dalam tubuh. CoQ10 bertanggung jawab untuk menghasilkan energi dalam tubuh dan dapat meningkatkan kesehatan serta melawan banyak penyakit. Lalu benarkah CoQ10 juga berguna untuk mempercepat program kehamilan? simak penjelasan berikut ini.

Mengenal CoQ10

Coenzyme Q10 bertindak sebagai pembawa pesan dalam unit yang disebut mitokondria, yang merupakan penyimpan energi sel tempat berlangsungnya oksidasi makanan dan menghasilkan energi dari pembakaran/oksidasi. Proses ini biasa disebut respirasi. Jika respirasi dibatasi, tubuh tidak dapat menghasilkan energi yang cukup. Sehingga suplai darah akan terhambat.

Fungsi CoQ10 adalah untuk antioksidan yang dapat memblokir radikal bebas yang bisa merusak sel dan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan adalah zat yang mengikat radikal bebas yang merusak senyawa dalam tubuh, mengubah membran sel, merusak DNA, bahkan bisa menyebabkan kematian sel.

Beberapa manfaat CoQ10 antara lain mencegah penyakit parkinson, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, menstabilkan kolesterol tinggi pada penderita diabetes, dan mencegah pembengkakan pada gusi.

Dalam sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa CoQ10 juga dapat membantu pergerakan sperma pada pria dengan penurunan motilitas sperma. Bagi Anda yang menjalani program kehamilan bersama pasangan Anda, mengonsumsi CoQ10 sangat disarankan karena menurut penelitian, jumlah CoQ10 dalam sperma pria berkorelasi dengan jumlah dan motilitas sperma.

Pengaruh CoQ10 pada Sperma

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Fertility & Sterility pada tahun 2004, meneliti efek dari suplemen CoQ10 terhadap jumlah sperma dari 22 pria yang mengalami masalah kesuburan dan tingkat motilitas sperma yang rendah. Setelah 6 bulan mengonsumsi, jumlah CoQ10 dalam spermanya meningkat dan juga motilitas sperma pria juga meningkat.

Sebuah penelitian di Italia membagi pria tidak subur menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yang menggunakan CoQ10 mengalami peningkatan motilitas sperma yang signifikan, kualitas sperma, yang melipatgandakan kemampuannya untuk melahirkan bayi dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan CoQ10.

Pengaruh CoQ10 pada Sel Telur

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan kalau CoQ10 bisa meningkatkan kualitas sel telur mencit tua. Untuk melindungi sel telur dari radikal bebas, Anda pasti membutuhkan antioksidan dalam jumlah besar. Selain itu, proses ovulasi juga membutuhkan banyak energi. Inilah peran CoQ10 di organ reproduksi wanita.

Selain melindungi sel telur dan sperma dari aksi radikal bebas, CoQ10 juga memberikan energi yang dibutuhkan oleh sel telur dalam proses pematangan dan pembuahan serta proses pembelahan sel embrio.

Jika produksi energi tidak mencukupi, proses pembelahan embrio bisa terganggu dan akhirnya berujung pada keguguran. Selain itu, kurangnya energi juga dapat mempengaruhi kualitas telur dan embrio pada proses kehamilan.

Akibat Kekurangan CoQ10

Produksi CoQ10 yang berkurang juga mengurangi perlindungan telur terhadap radikal bebas. Akibatnya, kualitas dan jumlah telur menurunkan kesuburan wanita. Efek serupa terjadi dengan sperma. Ketika produksi CoQ10 tubuh menurun, kuantitas dan kualitas sperma menurun.

Mengonsumsi suplemen CoQ10 dipercaya dapat mencegah penurunan kualitas dan jumlah sel telur dan sperma karena sifat antioksidannya. Namun konsumsi suplemen ini dapat menyebabkan beberapa efek samping antara lain sakit perut, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, diare, dan reaksi alergi pada beberapa orang.

CoQ10 adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Oleh sebab itu, untuk Anda yang sedang menjalankan program kehamilan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi CoQ10. Namun, perlu diperhatikan juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *