Categories
Suplemen

Carnitine adalah? Temukan Jawabannya di Sini!

Carnitine adalah

Carnitine adalah asam amino alami yang diproduksi oleh tubuh, namun juga tersedia dalam bentuk suplemen. Carnitine memiliki peran penting dalam mengubah lemak menjadi energi untuk beraktivitas. Tak hanya itu saja, carnitine juga memiliki beberapa manfaat lain untuk tubuh. Berikut informasi lengkap tentang carnitine.

Apa Itu Carnitine?

Carnitine merupakan asam amino esensial metionin dan lisin yang memiliki sifat seperti vitamin namun tidak masuk dalam kategori vitamin. Carnitine berfungsi untuk mengubah asam lemak menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Carnitine diproduksi oleh tubuh dengan bantuan sel mitokondria yang berperan sebagai mesin untuk membakar lemak menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebanyak 98% carnitine berada di dalam otot, sedangkan sisanya 2% carnitine dapat ditemukan di dalam darah dan organ hati.

Meskipun carnitine dapat diproduksi tubuh secara alami, namun proses produksi carnitine sangat kompleks dan melibatkan sejumlah vitamin, mineral dan asam amino. Makanan-makanan yang kita konsumsi juga mengandung carnitine seperti, daging, biji-bijian dan sayuran hijau.

Jenis-Jenis Carnitine

Ada beberapa jenis carnitine yang ditemukan dalam tubuh dan nutrisi yang bisa Anda beli bebas sebagai suplemen makanan. Berikut ini beberapa jenis carnitine dan masing-masing fungsi.

1. L-carnitine L-tartrate

Jenis carnitine ini adalah salah satu jenis carnitine yang sering ditemui pada suplemen olahraga karena memiliki tingkat penyerapan yang lebih cepat. L-carnitine L-tartrate sangat efektif untuk meningkatkan energi, mengatasi nyeri otot dan pemulihan energi setelah berolahraga.

2. D-carnitine

Carnitine satu ini merupakan bentuk carnitine tidak aktif dari carnitine. Biasanya, carnitine ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat menghambat penyerapan bentuk carnitine yang aktif dan berguna untuk tubuh.

3. Propionyl L-carnitine

Carnitine adalah jenis yang diandalkan untuk mengobati masalah peredaran darah, seperti penyakit pembuluh darah dan tekanan darah tinggi. Hal ini karena jenis carnitine satu ini mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah.

4. Acetyl L-carnitine

Jenis carnitine ini bermanfaat untuk fungsi otak dan dapat digunakan untuk mengobati gangguan saraf seperti penyakit alzheimer. Carnitine satu ini juga bermanfaat untuk mengurangi gejala depresi.

Manfaat-Manfaat Carnitine

Suplemen carnitine mempunyai banyak manfaat untuk tubuh seperti melindungi fungsi otak, mengganti kurangnya kadar carnitine dalam tubuh, membantu mengobati masalah kesehatan jantung, meningkatkan performa olahraga, mengobati masalah infertilitas dan mengurangi gejala diabetes.

Dosis Carnitine

Semua suplemen tentunya aman apabila dikonsumsi dengan bijak sesuai dengan petunjuk, begitu juga dengan carnitine. Dosis aman carnitine dalam sehari adalah 500-2000 mg. Namun, biasanya dosis carnitine juga berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Berikut ini rincian dosisnya.

  1. L-carnitine L-tartrate 1000-4000 mg per hari.
  2. Acetyl L-carnitine 400-1000 mg per hari.
  3. Propionyl L-carnitine 400-1000 mg per hari.
  4. L-carnitine 500-2000 mg per hari.

Mengonsumsi carnitine dalam jangka panjang bisa dibilang aman, namun tetap saja ada kemungkinan munculnya efek samping berupa alergi, mual dan muntah, kram perut, diare bau badan dan peningkatan tekanan darah. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi suplemen ini Anda harus berkonsultasi dulu kepada dokter.

Cara Kerja Carnitine

Carnitine bekerja dengan cara membawa asam lemak rantai ke dalam mitokondria untuk dibakar sebagai energi yang bermanfaat untuk tubuh dalam beraktivitas. Selain itu, carnitine juga dapat membantu menghilangkan limbah beracun di dalam tubuh supaya tidak menumpuk di dalam mitokondria.

Carnitine adalah salah satu jenis suplemen yang dapat menimbulkan efek samping ringan. Namun juga memiliki beberapa manfaat yang berguna untuk tubuh. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi carnitine pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter dan perhatikan dosis yang tepat sesuai petunjuknya.

Dapatkan promo vitamin menarik dengan mengunduh aplikasi Jovee. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *