Categories
Kesehatan

Cara Mudah Menghindari Tangan Menyentuh Wajah

Disadari atau tidak, mungkin hampir dari sebagian besar orang pasti pernah menyentuh wajah berkali-kali. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai sebab tentunya, padahal menyentuh wajah merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan wajah. Maka, di artikel ini akan dijelaskan cara agar tangan tidak menyentuh wajah secara terus menerus.

Karena menyentuh wajah dengan intensitas yang cukup sering dapat meningkatkan berkembangnya virus atau tertularnya virus ke dalam tubuh. Tangan sendiri merupakan tempat bersarangnya bakteri dan virus, sehingga ketika mengusap atau menyentuh wajah, secara otomatis bakteri akan berpindah ke bagian wajah dan dikhawatirkan dapat menyebabkan bakteri tersebut dapat masuk lewat saluran pernapasan atau pencernaan yang ada di wajah.

Mengapa Sering Menyentuh Wajah?

Dalam penelitian yang telah dilakukan oleh ahli, pada waktu dalam kandungan perilaku menyentuh wajah sudah dilakukan. Akan tetapi menyentuh wajah pada waktu dalam kandungan merupakan hal yang bersifat positif. Namun kebiasaan tersebut ternyata dibawa hingga lahir dan dewasa, sehingga banyak yang melakukan aktivitas menyentuh wajah. Berikut beberapa penyebab kebiasaan menyentuh wajah yang terkadang disadari atau tidak oleh setiap manusia, antara lain :

1. Ketika ingin menyingkirkan rambut pada wajah. Sering kali ketika rambut menutupi wajah, tangan serasa gatal ingin menyingkirkannya. Hal tersebut tentunya membuat tangan otomatis menyentuh wajah untuk menyingkirkan rambut pada wajah.

2. Ketika kondisi kaget atau panik, pada waktu itu tanpa sadar seringkai tangan langsung memegang mulut yang secara otomatis juga mengenai area wajah. Dikhawatirkan lagi bakteri dapat dengan mudah masuk ke mulut pada waktu mulut terbuka.

3. Ketika merasakan gatal pada wajah. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat lumrah sekali ditemui, wajah memiliki permukaan yang cukup sensitif, sehingga ketika ada suatu benda yang asing, maka membuat permukaan memancarkan sensor gatal, yang mana membuat tangan akan dengan otomatis menggaruk bagian wajah tersebut, sehingga membuat tangan menyentuh area permukaan wajah.

4. Ketika melihat wajah kotor atau berdebu. Pada waktu berkaca dan melihat ada sesuatu yang aneh pada wajah, seringkai tangan secara refleks akan menyentuh area wajah guna membersihkan kotoran yang menempel tersebut. Hal itu juga akan berpengaruh pada bakteri yang dengan mudah dapat berpindah ke wajah.

Kiat Menghindari Menyentuh Wajah

Setelah mengetahui penyebab dari seringnya menyentuh wajah tadi, perlu juga mengetahui cara agar tangan tidak menyentuh wajah secara sering, karena tentunya hal tersebut dapat memberikan kesempatan bagi penularan bakteri maupun virus pada tubuh manusia. Langsung saja, berikut beberapa cara agar tangan tidak menyentuh wajah.

·         Melakukan identifikasi pemicu sentuhan

Tiap orang ketika menyentuh wajah pastinya memiliki alasan tersendiri yang berbeda-beda. Maka langkah mudah untuk mengurangi sentuhan pada wajah tersebut yakni dengan cara melakukan identifikasi bagian wajah yang cukup sering disentuh. Kemudian mengapa sering disentuh. Hal tersebut akan meningkatkan kesadaran sebelum tangan menyentuh wajah karena sesuatu hal.

·         Menyibukkan tangan pada aktivitas lain

Kebiasaan sering kali sulit untuk dihentikan, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengalihkan fokus dari suatu kegiatan ke kegiatan yang lain. Bila seseorang sering melakukan sentuhan pada wajah lewat tangannya, maka usahakan untuk menyibukkan tangan dengan tetap bergerak atau ditaruh di belakang untuk menghindari dari sentuhan pada permukaan wajah.

Demikian tadi beberapa cara agar tangan tidak menyentuh wajah, sehingga tidak menimbulkan penularan bakteri dan virus dalam tubuh manusia.

Jangan sampai ketinggalan tentang informasi kesehatan terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee dan unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *