Categories
Obat

Cara Minum Allopirinol 100 mg yang Tepat

Cara Minum Allopirinol 100 mg

Allopurinol merupakan salah satu obat yang banyak digunakan untuk pengobatan asam urat dan juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa jenis batu ginjal. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang cara minum allopurinol 100 mg bagi Anda yang mungkin ingin menggunakannya, karena jika sampai salah akan sangat membahayakan tubuh.

Aturan Pakai Allopurinol

Obat ini biasanya diminum sekali sehari atau persis seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Minat obat ini setelah makan untuk mengurangi sakit perut. Jika dosis yang diarahkan melebihi 300 mg per hari, mungkin Anda bisa membaginya ke dalam beberapa dosis yang kecil, misalkan seperti 100 mg untuk sekali minum.

Obat ini paling baik diminum dengan segelas air putih (240ml) untuk setiap dosis, dan setidaknya minum 8 gelas lebih cairan sehari. Kecuali jika dokter menyarankan untuk mengurangi konsumsi air putih Anda bisa mengikuti sesuai dengan anjurannya. Alasan tersebut bisa saja karena untuk mengurangi asam yang dalam urin, dengan tujuan menghindari asam askorbat.

Penentuan dosis harus didasarkan pada kondisi medis seseorang dan juga respon tubuh pada obat yang akan dikonsumsinya. Allopurinol harus digunakan secara rutin dan teratur untuk bisa memdapatkan manfaatnya. Cara agar selalu rutin dan teratur adalah dengan mengkonsumsinya pada waktu atau jam yang sama di setiap harinya.

Khusus untuk pengobatan nyeri sendiri yang diakibatkan oleh asam urat, rasa efek samping yang ditimbulkan oleh obat ini akan lebih lama, mungkin hingga beberapa minggu. Beberapa masalah atau efek samping yang ditimbulkan biasanya adalah seperti encok. Hal tersebut dikarenakan tubuh akan menghilangkan kelebihan asam urat.

Jika kondisi belum juga membaik meskipun telah mengkonsumsi obat dalam waktu yang cukup lama, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter. Hal tersebut bisa dikarenakan adanya ketidak cocokan obat atau karena masalah lain.

Cara Penyimpanan Obat Allopurinol

Setelah membahas mengenai cara pakai Allopurinol 100 mg, yang penting untuk diketahui juga adalah tentang penyimpanan obatnya. Pertama, selalu simpan Allopurinol pada suhu ruangan. Selalu jauhkan dari cahaya langsung dan juga jangan disimpan pada tempat yang memiliki tingkat kelembapan tinggi.

Jika masa berlakunya habis, Anda bisa langsung saja membuangnya atau jika memang sudah tidak diperlukan lagi. Selalu pastikan bahwa Anda membuangnya ditempat yang aman, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti dikonsumsi oleh orang, atau binatang. Jangan sampai menyiram obat ke dalam toilet dan juga saluran pembuangan.

Efek Samping

Setiap obat pasti memiliki efek samping, termasuk pula obat Allopurinol ini. Bahkan efek sampingnya mungkin akan sampai berhari-hari atau bahkan bulanan. Beberapa efek samping yang ditimbulkan adalah gatal, kesulitan bernapas, dan merasa ingin pingsan. Hal-hal tersebut sangat umum terjadi, jadi tidak perlu khawatir.

Namun, jika Anda mengalami demam, ruam kulit, sakit kepala parah, kulit mengelupas, dan rasa sakit saat buang air kecil, mungkin Anda harus menghentikan pengobatannya. Beberapa efek samping tersebut tergolong ke dalam efek samping yang serius. Sehingga, Anda perlu mengkonsultasikannya ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaiknya.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang cara pakai Allopurinol 100 mg dengan benar. Ingat, selalu perhatikan aturan pakai obat-obatan. Apapun obatnya, Anda harus memperhatikannya, karena jika penggunaan dengan sembarangan bukan sehat yang akan didapat, justru sakit yang semakin parah. Jadi, selalu ikutin anjuran dokter, dan rutin melakukan konsultasi.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *