Categories
Uncategorized

Cara Mengolah Dan Manfaat Daun Kelor

Daun kelor merupakan tanaman asli Asia yang juga ditemukan di India, Afrika dan negara dengan iklim tropis. Tanaman ini sudah lama dijadikan sebagai obat dengan cara mengolah daun kelor yang tidak terlalu sulit. Manfaat daun kelor bisa didapatkan dengan dikonsumsi secara langsung atau sebagai campuran dalam minuman seperti teh. Berikut ini informasi lengkap mengenai daun kelor.

Kandungan Nutrisi Dalam Daun Kelor

Tanaman dengan nama latin Moringa ini memiliki banyak mineral dan vitamin. Kandungan vitamin C di dalamnya jauh lebih besar dibandingkan jeruk sebanyak 7 kali. Kandungan kalium di dalamnya juga 15 kali lebih banyak dibandingkan pisang.

Selain itu, tanaman ini juga mengandung asam amino, protein, zat besi dan kalsium yang bisa membantu tubuh menyembuhkan diri dan membangun otot. Bahkan diperkaya dengan vitamin B2, B6, magnesium, beta karoten, dan quercetin dan Chlorogenic acid yang menjadi antioksidan.

Namun, daun kelor juga memiliki antinutrien, yaitu zat fitat yang dapat mengurangi penyerapan protein dan mineral. Namun zat tersebut bisa dihilangkan dengan cara direndam dalam air panas dalam waktu lama, dimasak sampai matang dan difermentasikan.

Cara Mengolah Daun Kelor

Ada banyak cara mengolah daun kelor sebelum dikonsumsi. Malahan daun kelor biasa dijadikan sebagai lalapan, sayur bening, tumis, nugget sampai rolade. Cara lebih simpel adalah merebusnya dengan air matang dan diminum. Namun jangan merebus terlalu lama karena bisa menghilangkan nutrisinya.

Cara lain adalah dengan mencampurkan teh. Pilih tanaman kelor yang segar dan pisahkan dari batangnya. Cuci dan rendam sampai bersih dan keringkan. Kemudian letakkan daun pada nampan dan simpan di udara terbuka dan tidak langsung terkena matahari sampai kering. Setelah itu, blender sampai halus dan masukkan dalam wadah khusus. Campurkan bubuk daun kelor dengan teh tambahkan madu agar lebih manis.

Karena tidak menggunakan pengawet, jangan buat bubuk terlalu banyak. Letakkan dalam tempat yang sejuk. Bahkan daun kelor juga bisa digunakan sebagai masker setelah dihaluskan dan tambahkan madu yang dioleskan ke wajah. Diamkan selama 15 – 20 menit.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui cara mengolah daun kelor, ketahui juga apa saja manfaat dari daun ini. Beberapa manfaat di antaranya adalah:

1. Menangkal radikal bebas

Terdapat antioksidan dalam daun kelor yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan maka bisa terhindar dari berbagai penyakit kronis.

2. Menjaga kadar gula

Dalam daun kelor terdapat protein yang seperti insulin dan dapat menurunkan kadar gula darah. Antioksidan yang ada di dalamnya membuat tubuh menggunakan gula sebaik mungkin. Dengan begitu, tubuh akan memproduksi hormon insulin.

3. Meredakan peradangan

Peradangan adalah reaksi tubuh jika terdapat infeksi patogen atau luka. Namun jika terlalu lama bisa menyebabkan masalah kesehatan. Senyawa anti inflamasi yang terdapat dalam daun dan biji bisa meredakan peradangan dengan cara menyeduh daun kelor.

4. Menurunkan kolesterol

Jika kadar kolesterol tinggi maka dikhawatirkan terjadi penyakit jantung. Daun kelor bisa menyeimbangkan kadar kolesterol dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Masih ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari daun kelor. Perhatikan juga cara mengolah daun kelor karena tidak hanya manfaatnya saja, tapi rasanya juga tidak kalah enak.

Temukan informasi kesehatan lain dari Jovee dengan cara mengunduh aplikasinya lewat App Store dan Play Store. Dapatkan juga suplemen kesehatan terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *