Categories
Kesehatan Penyakit

Cara Mengobati Gigi Berlubang dengan Mudah

Gigi berlubang merupakan masalah yang sering terjadi, dan bisa menyerang siapa saja. Apabila tidak diatasi dengan baik, masalah gigi berlubang akan menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan. Ada beberapa cara mengobati gigi berlubang yang bisa dilakukan. Berikut ini informasi tentang gigi berlubang dan cara mengatasinya.

Penyebab Gigi Berlubang

Gigi berlubang biasanya ditandai dengan munculnya plak. Plak adalah sisa makanan yang mengandung gula dan diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam. Biasanya, plak akan menempel pada gigi dan asam di dalamnya akan mengikis lapisan-lapisan gigi mulai dari lapisan yang terluar hingga lapisan gigi bagian dalam.

Jika lapisan-lapisan itu sudah terkikis, maka akan mulai terbentuk lubang pada gigi. Jadi penyebab gigi berlubang yang umum terjadi adalah karena kebiasaan buruk jarang menggosok gigi, terutama setelah makan makanan yang manis.

Tanda-Tanda dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Ada beberapa gejala yang menunjukan jika gigi Anda berlubang. Namun, biasanya rasa sakit dan gejala yang muncul bisa berbeda-beda. Ketika lubang pada gigi semakin besar, gejala-gejala yang muncul akan semakin jelas dan biasanya akan menimbulkan nyeri yang hebat.

Gejala-gejala yang timbul jika gigi Anda berlubang antara lain, gigi menjadi lebih sensitif ketika mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin, panas dan manis. Sakit saat menggigit atau menekan gigi. Gigi mengalami perubahan warna di beberapa bagian menjadi putih, coklat atau hitam. Lalu, bagaimana cara mengatasi gigi berlubang?

1. Tambal Gigi

Tambal gigi adalah perawatan paling umum yang biasanya dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Prosedurnya adalah, dokter akan membuang bagian gigi yang rusak dengan menggunakan bor. Jika sudah, dokter akan menambal gigi tersebut dengan menggunakan bahan khusus seperti porselen, resin, komposit, perak atau emas.

2. Cabut Gigi

Apabila kerusakan gigi sudah terlalu parah dan tidak bisa dipulihkan lagi. Maka solusi untuk mengatasi gigi berlubang adalah dengan mencabutnya. Nantinya, gigi yang sudah dicabut ini harus diisi dengan gigi palsu atau implan gigi.

3. Root Canal

Cara mengobati gigi berlubang juga dapat dilakukan dengan perawatan saluran gigi atau root canal. Perawatan gigi satu ini direkomendasikan apabila kerusakan pada gigi sudah sampai ke bagian dalam gigi, saraf gigi, atau akar gigi. Gigi yang berlubang tidak akan dicabut, tapi akan dibersihkan setelah dibor dan dikikir.

Jika gigi yang berlubang sudah dibersihkan, gigi Anda akan ditambal dengan tambalan sementara dahulu kemudian gigi akan diberikan tambalan permanen dengan bahan karet. Jadi, gigi Anda tidak perlu dicabut namun sudah bisa ditambal.

4. Crown

Apabila Anda memiliki gigi yang  lemah dan mengalami kerusakan yang parah, biasanya perawatan satu ini akan direkomendasikan untuk Anda. Pertama, dokter akan mengikis gigi yang rusak dan menyisakan sebagian kecil gigi yang rusak untuk dipasangkan dengan mahkota gigi palsu berbahan renin, emas atau porselen.

5. Penggunaan Fluoride

Perawatan gigi berlubang menggunakan fluoride biasanya dilakukan apabila lubang di gigi masih sangat kecil atau dalam taraf permulaan. Prosedurnya adalah dokter akan menggosok fluoride ke gigi selama beberapa menit. Namun, perawatan ini tidak bisa dilakukan hanya sekali, Anda harus melakukannya secara rutin.

6. Perawatan Anti Bakteri

Perawatan ini biasanya direkomendasikan jika Anda memiliki gigi yang rentan mengalami kerusakan atau memiliki kondisi medis tertentu yang membuat gigi Anda lebih rentan rusak. Dokter akan memberikan obat kumur anti bakteri khusus untuk perawatan atau melakukan perawatan lain untuk membersihkan mulut dari bakteri.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui penyebab, tanda dan cara mengobati gigi berlubang. Nah, untuk itu Anda harus rajin membersihkan gigi dan melakukan kontrol gigi ke dokter gigi 6 bulan sekali untuk mencegah terbentuknya lubang pada gigi.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *