Categories
Obat

Cara Menggunakan dan Efek Samping Obat Domperidone

Obat Domperidone
Close-up view of a hand holding two white pills in the palm above a blurry background

Obat domperidone merupakan jenis obat yang digunakan untuk meredakan mual dan muntah, gangguan ada perut dan rasa yang tidak nyaman karena kekenyangan. Jika Anda mengalami hal di atas, biasanya dokter akan meresapkan obat ini untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang pendek. Yuk kenali cara menggunakan dan efek samping obat domperidone.

Cara Kerja Obat Domperidone

Obat ini bekerja dengan cara mempercepat roses pencernaan makanan yang berada di lambung. Dengan demikian rasa mual bisa segera dihentikan. Selain itu, untuk menggunakan obat ini juga harus hati-hati karena berefek pada detak jantung.

Obat yang satu ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Ia hadir dengan beberapa pilihan mulai dari tablet, sirup hingga suppositoria (lewat dubur). Obat ini pernah diuji cobakan pada binatang, dan ditemukan efek samping terhadap janin.

Namun, hingga saat ini belum ada studi yang mengatakan jika obat ini boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Dosis Obat Domperidone

Untuk Anda yang ingin mengonsumsi obat ini, tentunya Anda perlu tahu dosis yang tepat seperti apa. Di baah ini adalah dosis untuk obat ini.

Obat Oral

  • Untuk orang dewasa dengan usia 12 tahun ke atas dan memiliki berat badan di atas 35 kg, maka dosis yang diberikan adalah 10mg yang diminum 3 x sehari. Jadi dosis maksimum sehari adalah 30 mg.
  • Untuk anak dengan usia di bawah 12 kg dengan berat badan maksimal 35 kg, maka dosisnya 0,25 mg yang dikonsumsi tiga kali sehari. Jadi satu hari dosisnya adalah 0,75 mg.
  • Untuk mengobati gangguan pergerakan pada saluran pencernaan khususnya pada orang dewasa, maka dosisnya 10 mg diminum 3 kali sehari. Jadi dosis maksimalnya adalah 30mg per hari.

Obat Suppositoria

  • Untuk meredakan rasa mual dan muntah pada orang dewasa dengan usia di atas 12 tahun, maka doss satu hari adalah 30 mg yang diberikan dua kali sehari.
  • Untuk anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun dengan berat badan lebih dari 15 kg, maka dosisnya 0,75 mg per hari diberikan dua kali sehari.

Cara Menggunakan Obat Domperidone

Obat ini dikonsumsi sebelum makan yakni 30 menit sebelum Anda makan. Obat ini juga hanya digunakan untuk pengobatan jangka pendek saja dengan periode tidak lebih dari satu minggu. Jika setelah mengonsumsi obat ini masih mual dan muntah, ada baiknya hentikan pemakaian dan periksakan ke dokter.

Efek Samping Obat Domperidone

Bicara tentang efek samping, pada dasarnya setiap obat memiliki efek samping seperti obat yang satu ini. Adapun efek samping yang biasanya terjadi setelah Anda mengonsumsi obat ini adalah munculnya rasa pusing, cemas, sakit kepala, denyut jantung menjadi meningkat, diare, nyeri pada payudara dan mengantuk.

Namun, efek samping ini tidak terjadi pada semua orang yang mengonsumsi obat ini. Pasien yang mengalami gejala over dosis karena mengonsumsi obat ini juga harus segera dilairikan ke rumah sakit terdekat.

Adapun gejalanya adalah gelisah, munculnya gangguan kesadaran, kejang, mengantuk dan juga disorientasi. Namun Anda harus tetap tenang, penggunaan obat ini sesuai dengan resep dokter masih dalam kategori yang aman. Efek samping di atas juga jarang terjadi, sehingga tidak perlu terlalu khawatir saat menggunakannya.

Itulah info lengkap seputar cara menggunakan dan efek samping obat domperidone. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter jika Anda ingin menggunakan obat ini.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep dokter, bebas antri. Tersedia melalui Google Play maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *