Categories
Event

Cara Membuat Masker Dengan Mudah

Dengan munculnya wabah virus Corona, penggunaan masker sangat diwajibkan setiap bepergian keluar rumah. Meski masker mudah sekali untuk ditemukan, tahu cara pembuatan masker juga penting karena nantinya bisa saja keberadaan masker jadi sulit ditemukan. Karena pentingnya masker agar memutuskan rantai penyebaran virus, pelajari cara pembuatannya.

Pemakaian masker kain sekarang ini sangat direkomendasikan Centers for Disease Control and Prevention untuk mencegah virus COVID-19. Masker kain bukan masker bedah atau respirator N95. Masker seperti itu hanya untuk petugas kesehatan karena persediaan tengah kritis. Karena itu, kali ini kita akan membahas cara pembuatan masker kain yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Alat Dan Bahan Pembuatan Masker

Sebelum membuat masker, berikut ini alat dan bahan yang dibutuhkan:

·         2 kain katun berbentuk persegi panjang dengan ukuran 10 x 6

·         2 potong tali elastis sepanjang 6 inci (tali, karet gelang, ikat rambut, atau strip kain)

·         Benang dan jarum

·         Gunting

·         Mesin jahit

Siapkan semua alat dan bahan seperti di atas untuk membuat masker kain. Setelah siap maka bisa segera mulai membuat masker kain.

Cara Membuat Masker

Berikut cara membuat masker yang bisa dicoba di rumah sekalipun:

1. Potong kain sampai membentuk persegi panjang dengan ukuran 10 x 6 inci dengan jumlah 2 buah. Gunakan kain yang memiliki serat rapat, seperti seprai katun atau kain quilting. Kain bahan kaos juga bisa digunakan jika dalam keadaan darurat. Kemudian, tumpuk kain tersebut dan jahit kedua kain agar menjadi masker dengan 2 lapis kain.

2. Lipat bagian sisi panjang ¼ inci, lalu lipat dua lapis sisi melebar ½ inci dan jahit ke arah bawah.

3. Masukkan tali elastis dengan panjang 6 inci panjang lewat celah yang ada pada pinggir kain yang sebelumnya sudah dijahit. Kemudian ikat simpul secara kencang pada masing-masing tali agar membentuk tali melingkar. Tali ini yang akan dijadikan sebagai penyangga di telinga.

4. Tarik secara perlahan tali elastis sehingga membuat simpul terselit ke dalam lipatan kain yang sudah dijahit. Lalu tarik setiap sisi permukaan kain yang menutup elastis dan sesuaikan agar masker bisa menutup wajah dengan baik.

Cara pembuatan masker seperti di atas tidaklah sulit dilakukan. Namun jika merasa kesulitan pada saat menjahit, ada cara lain yang lebih mudah dalam membuat masker tanpa harus menjahit kain. Berikut ini bahan yang perlu disiapkan:

·         Kain katun atau bandana dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 20 x 20 inci.

·         Ikat rambut atau karet gelang.

·         Gunting (jika memotong kain dari baju)

Setelah bahan disiapkan, berikut ini cara dalam membuatnya:

1. Lipat setengah bandana/kain.

2. Setelahnya, lipat membentuk persegi panjang kecil dengan cara bagian atas ke bawah dan bagian bawah ke atas.

3. Masukkan karet gelang atau ikat rambut ke dalam kain yang sudah dilipat dengan jarak 6 cm antar karet.

4. Lipat setiap sisi ujung kain ke tengah, lalu selipkan.

5. Gunakan masker di wajah dengan menarik lipatan sehingga menutupi wajah.

Seperti itu cara pembuatan masker yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun perhatikan penggunaan masker bagi anak-anak di bawah 2 tahun karena bisa sulit bernapas jika tanpa bantuan orang tua.

Cari tahu juga tips kesehatan lain dengan mendaftarkan email ke Ngovee. Unduh aplikasi Jovee di Google Play dan App Store agar bisa mengetahui informasi kesehatan penting lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *