Categories
Obat

Cara Kerja dan Fungsi Obat Domperidone, Atasi Mual hingga Migrain

Fungsi Obat Domperidone

Salah satu jenis obat yang dapat meredakan rasa mual serta muntah adalah domperidone. Mual dan muntah merupakan gejala yang sering kita alami ketika kita merasa tidak enak badan. Dengan beberapa fungsi obat domperidone, maka beberapa masalah tersebut pasti akan terselesaikan. Berikut ini adalah penjelasan cara kerja dan fungsi obat domperidone.

Cara Kerja Obat Domperidone

Domperidone termasuk dalam kelompok obat yang disebut antagonis dopamin, yakni jenis anti muntah yang digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah. Obat ini meningkatkan gerakan atau kontraksi pada sistem pencernaan, seperti perut dan usus.

Obat ini juga digunakan untuk mengobati gejala gangguan lambung. Tak hanya itu, obat ini pun dapat digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson, seperti levodopa, pramipexole, dan apomorphine. Utamanya, obat ini bekerja dengan memblokir reseptor dopamin yang ditemukan di ujung atas sistem pencernaan.

Hal tersebut menyebabkan terjadinya pengetatan otot-otot pada saat masuk ke perut, relaksasi otot-otot pada saat keluar dari perut, dan meningkatnya kontraksi dari otot-otot itu sendiri di dalam perut.

Dalam arti kata tindakan ini bekerja dengan meningkatkan pergerakan makanan melalui lambung dan saluran pencernaan lebih cepat. Cara yang dilakukannya dapat mengurangi perasaan sakit, kembung, serta kenyang.

Tindakan tersebut juga mencegah makanan mengalir dengan cara yang salah melalui perut dan mencegah refluks (regurgitasi isi lambung kembali ke pipa makanan). Regurgitasi sendiri merupakan keadaan cairan yang naik ke atas lambung.

Obat ini juga memblokir reseptor dopamin yang ditemukan di area otak yang lebih dikenal dengan chemoreceptor (CTZ). CTZ diaktifkan oleh pesan saraf dari perut ketika iritasi datang. Ini juga diaktifkan secara langsung oleh agen yang bersirkulasi dalam darah, misalnya obat-obatan kemoterapi.

Setelah diaktifkan, ia akan mengirimkan pesan pada area lain di otak, dimana pusat muntah berada, yang pada gilirannya akan mengirimkan pesan ke usus, yang akan menyebabkan refleks muntah. Memblokir reseptor dopamin di CTZ akan mencegah mual dikirim ke pusat muntah. Hal ini dapat mengurangi sensasi mual sehingga dapat mencegah muntah.

Fungsi Obat Domperidone

Sebagaimana telah disebutkan di awal, bahwa obat ini memiliki fungsi utama dalam mengatasi mual dan muntah. Namun, tidak semua mual bisa diatasi dengan obat ini Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari mual ataupun muntah tersebut. Obat domperidone memiliki kemampuan untuk mengatasi mual yang diakibatkan oleh kemoterapi.

Selain untuk mengatasi mual, saat Anda mengalami migren atau sakit kepala pada salah satu bagian, Anda juga bisa menggunakan obat ini untuk menetralisirnya. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk bisa mendapatkan dosis yang tepat. Obat ini juga bisa digunakan oleh anak-anak, dengan masalah yang sama.

Fungsi lainnya dari obat domperidone adalah untuk mengatasi masalah perut, khususnya untuk masalah dimana perut tidak mampu melakukan pengosongan. Sehingga hal ini akan sangat mengganggu, apalagi jika sampai asam lambung naik ke kerongkongan atau yang biasa disebut dengan masalah esophagitis

Pada intinya, semua masalah perut akan teratasi dengan obat ini. Mulai dari sakit perut, nyeri pada ulu hati, dan kembung. Beberapa masalah ini jika tidak secara cepat teratasi maka akan sangat mengganggu pertumbuhan, karena akan mempengaruhi nafsu makan. Ketika nafsu makan turun, bisa dipastikan asupan nutrisi dan gizi akan berkurang.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang cara kerja dan fungsi obat domperidone yang perlu Anda ketahui. Anda bisa memanfaatkan obat ini untuk mengatasi berbagai macam masalah perut hingga migren, namun harus tetap sesuai dengan anjuran dokter, agar tidak terjadi salah dosis atau sejenisnya.

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *