Categories
Uncategorized

Berbagai Kegunaan Kacang Mete Untuk Kesehatan

Kacang mete merupakan biji dari buah jambu mete yang berasal dari Brazil. Karena kini penyebaran buah jambu sudah sangat luas, kacang mete jadi lebih mudah ditemukan termasuk di Indonesia. Tidak hanya rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai produk makanan, kegunaan kacang mete juga sangat banyak, khususnya bagi kesehatan. Kali ini akan kita bahas apa saja kegunaan tersebut.

Kegunaan Kacang Mete

Ada berbagai kegunaan dari kacang mete yang berhubungan dengan kesehatan. Hal tersebut karena terdapat kandungan nutrisi di dalamnya yang tentu saja dibutuhkan tubuh. Contoh kegunaannya seperti menjaga berat badan, menjaga kadar gula darah dan menjaga jantung tetap sehat. Lebih lengkap lagi, berikut daftar kegunaan kacang mete bagi kesehatan.

1. Mencegah kerusakan sel tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kacang mete merupakan kandungan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan adanya kandungan tersebut maka sel-sel tubuh bisa tetap terjaga. Selain itu, peradangan juga bisa dikurangi dan secara tidak langsung dapat mencegah penyakit kronis.

2. Menjaga berat badan

Kacang merupakan salah satu menu diet terbaik. Begitu juga kacang mete yang mengandung protein, serat dan lemak sehat. Jadi dengan mengonsumsi kacang mete bisa memberikan rasa kenyang lebih cepat. Nafsu makan juga akan ditekan. Namun, jumlah kalori dalam kacang mete cukup tinggi. Jadi jangan berlebihan mengonsumsi kacang mete.

3. Menjaga kesehatan jantung

Resiko penyakit jantung bisa dikurangi karena adanya kandungan vitamin B, E, kalium dan serat. Kandungan tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Jadi kesehatan jantung akan tetap terjaga dan resiko penyakit jantung bisa dikurangi.

4. Mencegah dan mengatur diabetes tipe 2

Dengan adanya penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah sistolik, bahkan kontrol kadar gula yang baik maka diabetes bisa dicegah atau diatur dengan baik. Jadi dengan mengonsumsi kacang mete bisa mengurangi resiko diabetes tipe 2 bagi wanita.

5. Menjaga kesehatan tulang

Kacang mete memiliki kandungan kalsium dan tembaga. Kandungan tersebut dapat menggantikan kolagen dan jaringan ikat yang sudah rusak. Dengan terpenuhinya asupan tersebut maka tubuh bisa mengganti kerusakan yang terjadi pada tulang dan menjaga kepadatan tulang. Dengan begitu, gejala osteoporosis bisa dihindari.

6. Menjaga kesehatan mata

Resiko kebutaan dan katarak bisa dihindari dengan mengonsumsi kacang mete. Meski sebenarnya perlu penelitian lebih lanjut.

7. Mengurangi resiko batu empedu

Karena adanya kandungan lemak tidak jenuh, mineral dan serat, kacang mete dapat mencegah terbentuknya batu empedu. Kandungan tersebut juga bisa menurunkan kadar kolesterol darah. Namun belum ada uji klinis mengenai kegunaan kacang mete satu ini.

Resiko Mengonsumsi Kacang Mete

Meski memiliki banyak kegunaan, mengonsumsi kacang mete juga mendatangkan resiko. Hal tersebut bisa terjadi jika berlebihan. Apalagi jika sudah dicampur gula dan garam sehingga bisa mengakibatkan inflamasi. Selain itu, konsumsi kacang mete yang sudah matang atau dipanggang agar senyawa beracun di dalamnya bisa hilang dan aman untuk dikonsumsi. Perhatikan juga gejala alergi bagi sebagian orang saat mengonsumsi kacang mete.

Itulah beberapa kegunaan kacang mete yang perlu diketahui dan berhubungan dengan kesehatan. Konsumsi kacang mete secukupnya dan rasakan setiap manfaat yang diberikannya.

Baca informasi kesehatan lainnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee agar bisa mendapatkan suplemen dan vitamin terbaik lewat Google Play dan App Store sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *