Categories
Kesehatan

Benarkah Indeks Glikemik Mangga Aman untuk Penderita Diabetes?

Indeks Glikemik Mangga

Banyak sekali pantangan makanan yang harus dihindari oleh orang yang mempunyai penyakit diabetes. Salah satunya adalah mangga. Namun, beberapa orang juga ada yang beranggapan kalau indeks glikemik mangga masih dalam rentan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Lalu manakah yang benar? Simak penjelasan berikut ini

Manfaat Buah Mangga

Dilansir dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Federation of American Societies for Experimental Biology, menyatakan bahwa dengan mengonsumsi mangga secara rutin akan memberikan manfaat sebagai berikut :

1. Pengganti Karbohidrat

Mangga dipercaya dapat menjadi pengganti karbohidrat atau produk olahan susu dalam menu makanan sehari-hari. Namun, ahli nutrisi Lokendra Tomar dari Weight Loss Clinic yang ada di New Delhi, India menyarankan sebaliknya.

Menurut Tomar, mangga untuk diabetes sebaiknya dihindari karena buah ini tinggi karbohidrat dan gula. Jika penderita diabetes mengonsumsi mangga, mau tidak mau Anda harus menghindari konsumsi karbohidrat seperti tepung atau nasi agar tidak berlebihan mengonsumsi karbohidrat dan gula.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Mangga bermanfaat untuk mengontrol dan menurunkan gula darah meski buah ini mengandung glukosa alami. Jadi mangga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Menurunkan Resistensi Insulin

Studi lain yang dilakukan para ahli Oklahoma University bahkan menyatakan bahwa konsumsi mangga secara teratur dapat menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

Pakar nutrisi lainnya, Dr. Anju Sood juga menyarankan bagi penderita diabetes untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi mangga. Sebab, jika ternyata gula darahnya sangat tinggi, dikhawatirkan mengonsumsi buah ini dapat menimbulkan komplikasi atau efek kesehatan lainnya.

Indeks Glikemik Mangga

Salah satu alat yang populer untuk mengelola diet diabetes adalah indeks glikemik (GI). Alat ini bisa mengukur seberapa cepat makanan tertentu menyebabkan gula darah Anda melonjak, dibandingkan dengan efek glukosa murni. Makanan yang mempunyai GI rendah memiliki efek yang lebih kecil pada gula darah dibandingkan makanan dengan GI tinggi.

Indeks glikemik mangga tergolong rendah yaitu sebesar 51, jauh di bawah buah-buahan tropis yang sebanding seperti nanas dan pepaya. Dengan kata lain, satu porsi mangga – sekitar seperempat buah – sekitar 1/2 cangkir mangga potong dadu dan mangga utuh tidak akan berdampak banyak pada kadar gula darah Anda.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Mangga

Menjaga gula darah Anda agar lebih terkendali itu penting, tapi itu bukan satu-satunya cara. Menjaga pola makan yang sehat juga harus berarti memperhatikan kandungan nutrisi makanan dalam kaitannya dengan kalori yang Anda konsumsi.

Mangga masih menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes, apabila dikonsumsi dalam porsi yang cukup. Mangga kaya akan vitamin C dan A, mengandung serat larut, yang juga ditemukan dalam kacang-kacangan dan gandum, serta memiliki sedikit kalium.

Konsumsi Mangga untuk Penderita Diabetes yang Aman

Agar Anda bisa mendapat manfaat dengan maksimal, penderita diabetes harus membatasi asupan mangga hariannya. Penderita diabetes hanya perlu makan satu buah mangga dalam satu hari agar gula darahnya tidak naik terlalu banyak. Anda juga bisa membagi porsi menjadi dua di pagi hari dan setengahnya di malam hari sebelum tidur.

Selain itu, Anda juga harus mengimbangi dengan makanan bergizi lainnya, seperti makan alpukat atau apel yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Lengkapi diet harian Anda dengan sayuran dan camilan sehat seperti biji-bijian dan almond.

Jadi memang benar kalau mengonsumsi buah mangga untuk penderita diabetes itu aman-aman saja, selama masih dalam porsi yang normal. Sebab, indeks glikemik mangga memang tergolong rendah dan juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *